Inilah Daftar Pemenang IHIA VII-2023, Lomba Inovasi Kesehatan Karya Anak Bangsa

Inilah Daftar Pemenang IHIA VII-2023, Lomba Inovasi Kesehatan Karya Anak Bangsa
Ketum IndoHCF Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS dalam Grand Final IHIA VII-2023 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (2/12). Foto: Humas IHIA VII-2023

jpnn.com - JAKARTA - Grand Final Indonesia Healthcare Innovation Awards (IHIA) VII Tahun 2023 digelar di ICE BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (2/12).

Di sela kegiatan tersebut, Ketua Umum Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF) Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS mengatakan bahwa berbagai inovasi kesehatan karya anak bangsa diyakini mampu mendukung program pemerintah untuk mencapai kemandirian Nasional.

Supriyantoro menilai, para inovator kesehatan mempunyai peran penting dalam mewujudkan ketahanan kesehatan bangsa. Mereka membutuhkan ruang dan dukungan penuh pemerintah untuk lebih mengembangkan karya inovasinya, antara lain dalam produk alat kesehatan dalam negeri.

“Seperti yang pernah disampaikan Menkes Budi Gunadi Sadikin bahwa pemerintah menargetkan 60 persen produksi alat kesehatan (alkes) dalam negeri menggunakan komponen lokal. Namun, saat ini masih sebanyak 88 persen alat kesehatan (alkes) yang beredar di Indonesia merupakan produk impor dari luar negeri.”

“Sementara produk buatan lokal hanya di angka 12 persen. Hal ini perlu menjadi perhatian kita bersama,” kata Supriyantoro.

Lebih lanjut dikatakan, dalam hal inovasi teknologi di bidang kesehatan, selama dua tahun terakhir layanan kesehatan jarak jauh (telemedisin) begitu pesat berkembang.

Layanan kesehatan berbasis aplikasi tersebut banyak bermunculan dan menjadi sebuah kebiasaan baru masyarakat Indonesia.

“Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), Big Data Analytics, Internet of Things, dan sederet teknologi digital lainnya membuka kesempatan-kesempatan baru dalam perbaikan kualitas dan peningkatan kecepatan layanan kesehatan di Indonesia dan ini harus didukung penuh,” katanya.

Berikut daftar nama pemenang IHIA VII - 2023, ajang lomba inovasi kesehatan karya anak bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News