Inilah Gen Yang Bikin Orang Bisa Gemuk

Inilah Gen Yang Bikin Orang Bisa Gemuk
Obesitas. Getty Images

jpnn.com - Obesitas atau kegemukan tak hanya dipengaruhi oleh gaya hidup atau pola diet. Gen pun turut andil di dalamnya. Para ilmuwan mengungkapkan gen berhubungan dengan obesitas karena membuat nafsu makan seseorang.

Melalui serangkaian tes, penelitian yang diketuai ilmuwan dari Inggris ini menemukan bahwa variasi gen pada orang gemuk tidak hanya membuat kadar ghrelin atau hormon lapar lebih tinggi dalam darah, tapi juga meningkatkan kepekaan terhadap bahan kimia dalam otak sehingga mendorong untuk selalu makan.

"Ini serangan ganda," kata ketua peneliti dari University College London, Rachel Batterham, seperti yang dilansir laman The Telegraph,Jumat (2/8).

Penemuan ini berdasarkan studi sampel darah orang-orang setelah makan. Lalu dikombinasikan dengan pencitraan resonansi magnetik dari otak para peserta.

Studi berbasis sel ini melihat produksi ghrelin pada tingkat molekul. Batterham mengatakan studinya bisa memberi wawasan baru terutama untuk pengobatan obesitas. Hal ini disebabkan beberapa obat eksperimental yang dikenal bisa menekan ghrelin, sangat efektif jika ditargetkan pada pasien risiko obesitas yang memiliki variasi gen FTO.

Penelitian sebelumnya juga telah menunjukkan bahwa ghrelin bisa dikurangi dengan diet tinggi protein.

Steve Bloom dari Imperial College London yang tidak terlibat dalam studi itu mengatakan bahwa, gen FTO hanya menjelaskan sebagian kecil dari epidemi obesitas. Tapi, penelitian itu merupakan langkah penting guna mengungkap faktor lain penyebab obesitas.

Jumlah penderita obesitas meningkat di seluruh dunia dengan jumlah yang mengkhawatirkan, baik di negara maju maupun berkembang. Obesitas merupakan faktor risiko utama diabetes, jantung, dan beberapa jenis kanker.

Obesitas atau kegemukan tak hanya dipengaruhi oleh gaya hidup atau pola diet. Gen pun turut andil di dalamnya. Para ilmuwan mengungkapkan gen berhubungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News