Stres dan Kelelahan Bikin Ayah Baru Malas Bercinta

Stres dan Kelelahan Bikin Ayah Baru Malas Bercinta
Foto: Daily Mail

jpnn.com - IBU yang baru saja melahirkan mungkin ingin lekas-lekas bisa kembali bercinta dengan suaminya. Tapi yang perlu anda tahu, belum tentu pria merasakan hal yang sama. Kesimpulan ini muncul dari sebuah studi baru Universitas Michigan yang dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine.

Tim peneliti dari Universitas Michigan mengukur perilaku seksual 114 ayah baru dalam rentang usia 19-54 tahun, dengan menggunakan sejumlah kuesioner dan skala penilaian tertentu. Ternyata, 82 persen partisipan mengaku baru bisa berhubungan seksual lagi dengan istrinya setelah tiga bulan pasca-persalinan.

Hanya satu dari tiga ayah baru yang dilaporkan bercinta dengan istrinya pada enam minggu pertama setelah si anak lahir dengan proporsi bercinta yang sama, yaitu antara tujuh hingga 12 minggu. Namun, diketahui pula bahwa kehidupan seks seluruh partisipan telah kembali normal setelah dua tahun sejak  wawancara pertama.

Alasan yang dikemukakan partisipan memang beragam. Tapi alasan yang paling menonjol, para ayah baru mengalami penurunan libido karena tak punya waktu untuk bercinta setelah memiliki anak. Alasan lainnya karena kebiasaan tidur bayi, ketidaknyamanan terhadap penampilan fisik pasangan, serta tingkat kelelahan yang dirasakan partisipan.

"Sangat sedikit riset yang dilakukan pada para ayah baru terkait hal ini. Sebagian besar perhatian hanya terfokuskan pada sang ibu, aktivitas menyusui maupun kesehatan si bayi," kata bidan dan pakar kesuburan terkemuka di Inggris, Zita West, seperti yang dilansir laman Daily Mail, Kamis (1/8).

"Setelah sempat merasakan kebahagiaan luar biasa di hari-hari pertama kelahiran anaknya, banyak pria yang pulang kerja dalam kondisi kelelahan serta merasa terkucilkan melihat ikatan antara ibu dan si bayi, terutama ketika tengah menyusui," tambahnya.

Tapi berbeda dengan studi sebelumnya, temuan ini mengungkapkan bahwa aktivitas menyusui yang dilakukan oleh ibu tidaklah mengurangi gairah sang ayah. Begitu juga dengan efek samping persalinan normal, seperti bekas jahitan atau ekstraksi, terlepas seberapa lama waktu yang dibutuhkan sang ibu untuk memulihkannya.

"Pada dasarnya, sejumlah pria juga merasa kelelahan, terutama ketika mereka kembali ke rutinitas pekerjaan, kerap kelelahan karena sering ikut bangun di malam hari dan tak memperoleh istirahat yang cukup," timpal penulis buku The Zita West Pregnancy Companion tersebut.

IBU yang baru saja melahirkan mungkin ingin lekas-lekas bisa kembali bercinta dengan suaminya. Tapi yang perlu anda tahu, belum tentu pria merasakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News