Inilah Kaveling 100 Hektare untuk Istana Presiden di IKN Nusantara

Inilah Kaveling 100 Hektare untuk Istana Presiden di IKN Nusantara
Inilah kaveling Istana Presiden di IKN Nusantara yang pembangunannya dimulai tahun ini. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Pembangunan Istana Presiden dan gedung perkantoran pusat pemerintahan IKN Nusantara di Penajam Paser Utara (PPU) segera dimulai tahun ini.

Wartawan JPNN.com bersama peserta temu media di IKN berkunjung lokasi Ibu Kota Negara itu pada Sabtu (5/11).

Inilah Kaveling 100 Hektare untuk Istana Presiden di IKN NusantaraJembatan Pulau Balang di Teluk Balikpapan di Teluk Balikpapan, Sabtu (5/11/2022). Terowongan bawah laut juga akan dibangun di dasar perairan ini. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

Perjalanan ke IKN menggunakan kapal cepat menyusuri Teluk Balikapan hingga ke Jembatan Pulau Balang.

Jembatan dengan konstruksi kabel dan beton terpanjang kedua di dunia itu menghubungkan Kota Balikpapan dengan IKN di PPU.

Menurut Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Timur Junaidi, jalan tol ke kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) via Jembatan Pulau Balang akan dibangun sampai 2024.

Jika jalan tol tersebut selesai dibangun, estimasi waktu tempuh dari Kota Balikpapan ke Istana Presiden sekitar 50-60 menit saja.

Namun, waktu tempuh makin singkat jika melewati jalur tol segmen 4 dan terowongan bawah laut (immersed tunnel) sepanjang 1 kilometer.

Beginilah penampakan kaveling Istana Presiden di IKN Nusantara yang segera dimulai pembangunannya tahun ini oleh perusahaan BUMN dan KSO.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News