Insyaallah, Bendungan Sepaku Semoi di IKN Nusantara Diresmikan Maret 2023

Insyaallah, Bendungan Sepaku Semoi di IKN Nusantara Diresmikan Maret 2023
Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV Harya Muldianto ditemui Bendungan Sepaku Semoi, Sepaku, PPU, Sabtu (5/11). Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR berencana meresmikan Bendungan Sepaku Semoi di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Maret 2023.

"Kami sedang berusaha, bulan Maret sudah bisa peresmian, 2023" kata Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV Harya Muldianto ditemui JPNN di Kecamatan Sepaku, Sabtu (5/11).

Harya mengaku mendapat penugasan mengurusi pengelolaan sumber air baku untuk menyuplai kebutuhan IKN dengan membangun Intake Sungai Sepaku dan Bendungan Sepaku Semoi menggunakan teknologi smart water management.

Khusus Bendungan Sepaku Semoi dibangun di DAS Sungai Tengin yang nantinya juga bisa untuk irigasi dan kebutuhan lainnya.

"Konstruksinya dari timbunan tanah homogen dengan ketinggian bendungan 25 meter. Volumenya sekitar 600 meter kubik. Panjangnya 450 meter," beber Haryo.

Saat ini lahan yang dibebaskan untuk bendungan itu sudah 378 hektare, namun masih diperlukan 523 hektare lagi untuk genangan dan antisipasi banjir tahunan.

"Penetapan lokasinya lagi diproses," lanjut insinyur yang ikut membidani pembangunan Waduk Jatigede, Jawa Barat tersebut.

Dari penjelasan Haryo, Bendungan Sepaku Semoi di kawasan IKN Nusantara itu dibangun dengan dukungan teknologi canggih.

Bendungan Sepaku Semoi di kawasan IKN Nusantara ditargetkan bisa diresmikan pada Maret 2023. Begini progresnya saat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News