Terowongan Bawah Laut Pertama di Indonesia Akan Dibangun di IKN

Terowongan Bawah Laut Pertama di Indonesia Akan Dibangun di IKN
Jembatan Pulau Balang di Teluk Balikpapan di Teluk Balikpapan, Sabtu (5/11/2022). Terowongan bawah laut juga akan dibangun di dasar perairan ini. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com,  BALIKPAPAN - Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) berencana membangun terowongan bawah laut atau immersed tunnel sepanjang 1 kilometer.

Pembangunan terowongan bawah laut itu bakal dibangun di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, tepatnya di dasar Teluk Balikpapan.

Terowongan Bawah Laut Pertama di Indonesia Akan Dibangun di IKN
Jembatan Pulau Balang di Teluk Balikpapan, Sabtu (5/110/2022). Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

"Sekarang masih feasibility study," kata Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Timur Junaidi saat temu media di Balikpapan, Sabtu (5/11).

Dia menjelaskan rencananya immersed tunnel itu bakal dibangun sepanjang 1 kilometer dengan kedalaman di bagian tengah 40 meter di bawah Teluk Balikpapan.

Khusus untuk pembangunan tunnel bawah laut di kawasan IKN Nusantara itu, estimasi biayanya sekitar Rp 3 triliun.

"Sampai hari ini kita (Indonesia, red) belum punya jembatan bawah laut, mudah-mudahan di IKN ini nanti terwujud punya jembatan laut," ujar Junaidi.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga beberapa waktu lalu menyebut pihaknya bakal menyiapkan terowongan dengan mengadopsi teknologi immersed tunnel.

Satgas Ibu Kota Negara (IKN) sedang merencanakan pembangunan terowongan bawah laut di dasar Teluk Balikpapan. Ini akan jadi yang pertama di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News