Inilah Kiddle, Mesin Pencari Internet Aman untuk Anak-anak

Inilah Kiddle, Mesin Pencari Internet Aman untuk Anak-anak
Tampilan kiddle yang memblok kata tidak tepat untuk anak-anak. Foto: BBC.com

jpnn.com - Saat ini orangtua tidak perlu khawatir membiarkan anak-anak memiliki gadget sendiri dan menggunakan mesin pencari di internet. Situs Kiddle dibuat khusus untuk mesin pencarian bagi anak-anak. Kiddle sudah memblok banyak tema pencarian yang tidak sesuai.

Kiddles sudah terdaftar sejak 2014 lalu dan didukung keamanannya oleh Google Safe Search. Tidak perlu khawatir karena Kiddle sudah memblok sejumlah situs seperti lesbian, gay yang telah membuat marah kampanye dari grup Stonewall

Pengelola Kiddle memastikan bahwa pencarian internet ini dipilih dan diawasi sepenuhnya oleh semua editornya. Kiddle memilih tema yang diblok. Kiddle bermula dari tes sebuah blog warga Rusia bernama Freaking News. Situs blog itu mengajak pemakai internet menambahkan kata kunci untuk tema yang diblok dalam pencarian. Seperti Lesbian, gay, biseksual and transgender.

“Anak-anak muda biasanya menggunakan internet untuk mencari informasi seputar LGBT,” ujar aktivis Stonewall seperti yang dilansir dari BBC.com.

Aktivis itu mengatakan, mencoba untuk menghentikan orang-orang muda menemukan konten yang aman dan sesuai ini akan memaksa banyak lesbian muda, gay, biseksual dan transgender untuk mencari tempat lain.

Sementara itu, pengelola Kiddle mengatakan pada BBC bahwa telah menerima keluhan dari orangt tua dan guru terkait itu. Pasalnya, komunitas LGBT memiliki forum sendiri .

"Sebagian besar situs LGBT memiliki forum dan user untuk kontennya sendiri. Bahkan satu gambar seorang pria setengah telanjang diposting sebagai avatar di situs tersebut (setelah situs telah diperiksa). Karena itu orang tua memilih berpaling,” kata pengelola Kiddle.

Kiddle menyatakan, juga telah memblokir pencarian dengan kata kunci  "pendidikan seks" karena ada banyak  situs yang muncul dengan itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News