Inilah Layanan Baru Prodia untuk Pemeriksaan saat Pandemi

Inilah Layanan Baru Prodia untuk Pemeriksaan saat Pandemi
Petugas medis mengambil sampel darah pelanggan Prodia di Laboratorium Pusat Nasional Prodia, Jakarta. Foto: Prodia

jpnn.com, JAKARTA - PT Prodia Widyahusada terus berusaha menyediakan pemeriksaan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat selama pandemi virus corona (covid-19).

Salah satunya ialah pemeriksaan anti-SARS-CoV-2 kuantitatif (Spike-Receptor Binding Domain/Spike-RBD) pada saat memasuki tahun vaksinasi covid-19. 

Direktur Utama Prodia Dewi Muliaty menjelaskan, pemeriksaan anti-SARS-CoV-2 kuantitatif bisa mengukur titer antibodi atau antibodi penetral dalam tubuh seseorang terhadap virus penyebab covid-19.

Menurut Dewi, pemeriksaan itu sejalan dengan komitmen pihaknya untuk terus berkontribusi terhadap penanganan covid-19 di Indonesia.

"Dengan adanya pemeriksaan ini, seseorang dapat mengetahui dan memeriksa titer antibodi terhadap virus penyebab covid-19," ujar Dewi, Rabu (24/2).

Titer antibodi yang diperiksa dalam pemeriksaan anti-SARS-CoV-2 kuantitatif ini adalah antibodi terhadap protein khusus dari virus penyebab covid-19, yaitu protein spike-RBD (spike-receptor binding domain). 

Antibodi itu bisa terbentuk tidak hanya oleh vaksinasi, tetapi infeksi alami yang juga memicu tubuh membentuk antibodi. 

Anti-SARS-CoV2 kualitatif atau serology test covid-19 mendeteksi antibodi terhadap protein Nucleocapsid (N).

PT Prodia Widyahusada terus berusaha menyediakan pemeriksaan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat selama pandemi virus corona (covid-19).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News