Inilah Maskapai Internasional Pertama Layani Penerbangan Komersial Tujuan Kabul

Inilah Maskapai Internasional Pertama Layani Penerbangan Komersial Tujuan Kabul
Pesawat Pakistan International Airlines (PIA) jelang mendarat di Bandara Kabul, Senin (13/9). PIA merupakan maskapai pertama internasional yang melayani penerbangan komersial menuju Kabul. Foto: AFP

jpnn.com, KABUL - Untuk kali pertama sejak Taliban menguasai Afghanistan, Bandara Internasional Kabul didarati penerbangan komersial dari negara lain.

Adalah Pakistan International Airlines (PIA) yang melayani penerbangan komersial dari luar Afghanistan dan mendarat di Bandara Kabul pada Senin (13/9) pagi setelah lepas landas dari Islamabad.

“Ini adalah momen sangat besar. Kami sangat senang,” ujar salah satu kru PIA.

Dia menyebut momen itu merupakan hari yang diharapkan. “Mungkin maskapai lain akan melihat ini dan memutuskan kembali,” katanya.

Namun, jurnalis AFP yang ikut dalam penerbangan PIA dari Islamabad menyebut pesawat itu hanya membawa sekitar 10 penumpang. “Mungkin lebih banyak kru ketimbang penumpang,” ujarnya.

Ada sebuah bus bertuliskan 'Welcome to Afghanistan' yang menunggu di apron untuk mengangkut penumpang dari pesawat ke terminal. Akan tetapi, para pendatang baru itu justru berjalan kaki ke area terminal penumpang.

Selanjutnya, pesawat itu akan membawa lebih dari 100 penumpang dari Bandara Kabul menuju Islamabad. Kebanyakan dari mereka adalah staf organisasi internasional, misalnya, Bank Dunia.

Sebelumnya, sejumlah pesawat Qatar Airways juga lepas landas dari Kabul pada pekan lalu. Namun, maskapai itu dicarter untuk membawa warga asing dan Afghanistan yang ketinggalan evakuasi.

Untuk kali pertama sejak Taliban menguasai Afghanistan, Bandara Internasional Kabul didarati penerbangan komersial dari negara lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News