Inilah Nama-nama Peraih Transmigran Teladan

Inilah Nama-nama Peraih Transmigran Teladan
Menteri DPDTT Marwan Jafar. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal  dan Transmigrasi (DPDTT) memberi penghargaan transmigran teladan dan pembina pemukiman transmigrasi teladan 2015. Pemberian penghargaan dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-70 di lingkungan Kementerian DPDTT.

“Sudah bertahun-tahun program transmigrasi dijalankan, dan sekarang harus dihidupkan lagi dengan semangat baru. Penghargaan bagi transmigran teladan ini akan menjadi motivasi bagi masyarakat untuk menyongsong masa depan yang lebih baik untuk masa depan Indonesia dan anak cucu ke depan,” ujar Menteri DPDTT Marwan Jafar, Kamis (13/8).

Menurut marwan, para penerima penghargaan telah menunjukkan dedikasi dan partisipasi aktif dalam mempercepat kesejahteraan masyarakat transmigrasi. Pemberian penghargaan juga diukur dari kesungguhan dalam mendukung pelaksanaan program transmigrasi dan terbukti mampu peningkatan kesejahteraan keluarganya.

“Transmigran adalah pahlawan karena telah berdedikasi membangun wilayahnya dan mampu menghidupkan ekonomi masyarakat. Karena itulah, Kementerian DPDTT merasa sangat perlu memberi penghargaan,” ujar Marwan.

Menurut Marwan, dari 21 nominator penerima penghargaan, sebelas di antaranya semula merupakan buruh serabutan di daerah asal. Sementara sepuluh niominator lain memiliki latarbelakang pekerjaan sebagai sopir truk, tukang bengkel, bahkan ada juga yang sebelumnya bekerja sebagai aparat di desa asalnya.

“Kemudian setelah ikut transmigrasi, mereka sukses meningkatkan taraf hidup keluarga, bahkan memberi andil besar dalam membangun ekonomi di lingkungan masyarakat. Kisah sukses ini membuktikan bahwa transmigran bukan kaum marginal, bukan orang terpinggirkan melainkan saudara kita yang sukses dan berhasil hidup maju,” ujar Marwan.

Marwan berharap para peraih penghargaan ke depan dapat lebih baik lagi berkarya, sehingga menjadi inisiator, motivator, serta mendorong masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat transmigrasi dan kemandirian pemukiman transmigrasi.

Penghargaan untuk kategori transmigran teladan diberikan pada Muhammad Fauzi dari Seram Utara, Maluku Tengah (Juara I), Daim Sahiri dari Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan (Juara II) dan Andi Rusdi dari Wajo, Sulawesi Selatan (Juara III).

JAKARTA – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal  dan Transmigrasi (DPDTT) memberi penghargaan transmigran teladan dan pembina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News