Inilah Panel Surya Portabel Buatan Shane Thatcher

Inilah Panel Surya Portabel Buatan Shane Thatcher
Inilah Panel Surya Portabel Buatan Shane Thatcher

Jangan bayangkan panel surya itu selalu besar seukuran papan tulis. Di Australia, panel dalam genggaman tangan sudah banyak digunakan.

Contohnya adalah lampu panel surya portabel yang berdimensi sekitar 10x15x1 cm.

Di bagian atasnya ada 3 lampu LED yang bisa diatur tingkat terangnya di bagian tombol di bawah. Di belakangnya, ada panel surya berukuran 5x10 cm dan pengait yang bisa digerakkan. Lampu itu bisa dipasang sebagai lampu meja atau lampu gantung.

Inilah Panel Surya Portabel Buatan Shane Thatcher
Panel surya ukuran kecil karya Shane Thatcher. (Foto: Hany Koesumawardani).

 

Tak perlu listrik atau baterai untuk menyalakannya. Cukup dijemur di bawah sinar matahari saja. Dan, voila! Lampu itu akan menyala.

Adalah Shane Thatcher yang menciptakan lampu panel surya portabel itu. Ingin menciptakan sesuatu yang lebih bermanfaat bagi sesama, Shane menciptakan lampu panel surya portabel itu untuk membantu mereka yang tak mampu dan tak terjangkau listrik.

"Jutaan orang di dunia yang tak punya akses kepada listrik, tak ada minyak tanah, lilin atau apapun. Jadi misi kami membantu orang marjinal, menyediakan lampu bertenaga matahari yang portabel," tutur Shane kepada jurnalis Indonesia yang ke Australia atas undangan Australia Plus ABC International pada awal Oktober 2015 lalu. 

Jangan bayangkan panel surya itu selalu besar seukuran papan tulis. Di Australia, panel dalam genggaman tangan sudah banyak digunakan.Contohnya adalah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News