Inilah Para Juara Lomba Desa dan Kelurahan yang Digelar Ditjen Bina Pemdes

Kemendagri Meluncurkan E-Prodeskel & Aplikasi Siskeudes Rilis 2.0.5

Inilah Para Juara Lomba Desa dan Kelurahan yang Digelar Ditjen Bina Pemdes
Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Eko Prasetyanto di acara peluncuran e-Prodeskel dan Siskeudes Rilis 2.0.5. Foto: Dok.Ditjen Bina Pemdes

jpnn.com - JAKARTA - Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kemendagri meluncurkan e-Prodeskel atau profil desa kelurahan dan aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes) Rilis 2.0.5.

Peluncuran e-Prodeskel dan Siskeudes Rilis 2.0.5 dilakukan Wamendagri John Wempi Wetipo di sela-sela Penganugerahan Juara Lomba Desa dan Kelurahan dirangkaikan dengan Rakor Penguatan Kelembagaan Desa/Kelurahan, serta Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Pindeskel) 2022 di Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Pasar Minggu, Jakarta, Kamis (24/11).

Wamendagri John Wetipo mengingatkan agar pemerintah daerah hingga desa dan kelurahan memberikan peran penting dalam penguatan proses transformasi digital dan ekonomi.

"Untuk menguatkan transformasi digital dan ekonomi tersebut diperlukan ketersediaan data yang valid, sistem yang kapabel serta didukung kebijakan yang mampu menjawab masalah yang ada," kata John Wetipo didampingi Dirjen Bina Pemdes Eko Prasetyanto, Sekretaris Ditjen Bina Pemdes Paudah, dan para direktur di lingkungan Ditjen Bina Pemdes.

John Wetipo juga mengingatkan pentingnya data dan informasi desa dan kelurahan dalam proses perencanaan, pelaksanaan evaluasi anggaran.

"Saya imbau Pemda untuk mendorong pengelolaan data profil desa dan kelurahan (Prodeskel) serta menjadikan data Prodeskel sebagai dasar penyusunan dan perencanaan anggaran," kata John Wetipo.

Ditjen Bina Pemdes bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), kata John, juga melakukan digitalisasi dalam aspek penguatan pengelolaan keuangan desa.

"Pada kesempatan ini, sekaligus diluncurkan E-Prodeksel sebagai bentuk pengembangan Prodeksel yang ada. Juga diluncurkan aplikasi Siskeudes Rilis 2.0.5, dengan penambahan fitur tagging kegiatan dan fitur monitoring dalam pelaksanaan belanja desa bagi pemerintah maupun pemerintahan daerah," terang John Wetipo.

Kemendagri meluncurkan e-Prodeskel atau profil desa kelurahan dan aplikasi Siskeudes Rilis 2.0.5. Lihat juga data para juara lomba desa dan kelurahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News