JPNN.com

Inilah Platform Pembelajaran dan Pengembangan Diri di Era Informasi

Rabu, 02 Desember 2020 – 14:12 WIB
Inilah Platform Pembelajaran dan Pengembangan Diri di Era Informasi - JPNN.com
Ilustrasi pembelajaran digital. Foto: dok TambahPinter.com

jpnn.com, JAKARTA - Seiring pergeseran (shifting) pola interaksi masyarakat, kebutuhan akan tempat belajar online menjadi hal yang penting. Pandemi mempercepat proses ini, membuat platform pembelajaran digital menjadi hal yang tak asing lagi.

Kehadiran internet membuka kesempatan bagi setiap orang untuk mendapatkan akses pendidikan yang baik. Tingkat penetrasi internet Indonesia yang mencapai 64% (HootSuite, Januari 2020) menjadi jembatan menghadirkan pemerataan dan kesetaraan pendidikan.

Pertanyaanya, seperti apa platform pembelajaran dan pendidikan yang dibutuhkan di era informasi ini?

Tantangan Platform Pendidikan Era Informasi

Ada 3 tantangan utama yang dihadapi dan harus diselesaikan oleh platform pembelajaran digital di era informasi.

Pertama, bagaimana menghadirkan materi pembelajaran yang akurat, kredibel, dan memiliki rujukan yang terpercaya. Ini penting mengingat internet merupakan tempat bercampurnya segala macam informasi, baik faktual maupun hasil dari imajinasi.

Kedua, bagaimana menghadirkan materi yang tidak hanya bersifat teoritis dan konseptual, tapi juga praktis dan applicable di kehidupan nyata.

Karena tujuan utama dari belajar adalah untuk diterapkan menjadi tindakan. Dalam hal era informasi, ini berarti berkorelasi langsung dengan dunia kerja dan bisnis profesional.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia