Inilah Prestasi Menonjol Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

Inilah Prestasi Menonjol Marsekal TNI Hadi Tjahjanto
Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri). Foto: Fathra/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjadi calon tunggal Panglima TNI.

Sejumlah politisi di Senayan menilai sosok Hadi Tjahjanto memiliki kapasitas.

Kepastian pencalonan KASAU sebagai calon Panglima TNI disampaikan oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Fadli mendapat surat yang dikirimkan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Isi surat yang disampaikan ke Plt Sekretaris Jenderal DPR Damayanti itu terkait usulan calon Panglima TNI pengganti Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. ”Calon tunggal yakni KASAU Hadi Tjahjanto,” kata Fadli di gedung parlemen, kemarin (4/12).

Menurut Fadli, surat usulan calon Panglima TNI ini akan segera diproses. Setelah dibahas dalam Badan Musyawarah DPR, surat itu akan dibacakan dalam sidang paripurna DPR.

Biasanya, surat itu kemudian akan dilimpahkan ke Komisi I DPR sebagai mitra dari TNI, untuk diproses dalam fit and proper test.

”Kami harapkan sebelum reses pada masa sidang ini, tapi nanti kami koordinasikan dengan Pimpinan Komisi I DPR dan fraksi-fraksi untuk diagendakan uji kelayakan dan kepatutan,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almsyhari menyebut telah mendengar informasi itu. Secara pribadi, Kharis menyampaikan apresiasi kepada Gatot selaku Panglima TNI saat ini, yang akan masuk pensiun pada bulan Maret 2018 nanti.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, calon tunggal Panglima TNI, memulai dinas pada 1986 masih memiliki masa kerja relatif lama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News