Inilah Rangkaian Kegiatan Presiden Jokowi di IKN Nusantara Hari Ini

Inilah Rangkaian Kegiatan Presiden Jokowi di IKN Nusantara Hari Ini
Presiden Jokowi (kanan) bersama para menteri dan gubernur Kaltim ketika meninjau titik nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kaltim, pada akhir Desember 2019. Foto: Dokumentasi Arditya Abdul Aziz/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi akan melakukan serangkaian kegiatan di IKN Nusantara, Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengumumkan rangkaian acara yang diikuti Presiden Jokowi hari ini di IKN Nusantara.

1. Prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi

Presiden Jokowi akan melakukan prosesi penyatuan air dan tanah Nusantara yang sebelumnya telah dibawa oleh para gubernur dari 34 provinsi.

Bersama Ibu Iriana Jokowi, Presiden Jokowi melakukan prosesi tersebut di Kawasan Titik Nol Kilometer IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kaltim, sebagaimana keterangan dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

"Prosesinya adalah para gubernur membawa tanah dan air dari masing-masing wilayah di mana diambil dari titik-titik lokasi yang tentunya sesuai dengan kearifan lokal masing-masing dan budaya masing-masing. Nanti di sana para gubernur akan menyerahkan kepada Bapak Presiden dan Bapak Presiden akan menuangkan di gentong yang sudah kami siapkan menjadi satu dari 34 provinsi," ujar Heru Hartono.

Prosesi tersebut untuk memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar proses pemindahan dan pembangunan IKN Nusantara berjalan lancar.

"Di sana nanti di hari Senin pagi itu bersama para gubernur dan tokoh masyarakat setempat ada sebuah prosesi di mana intinya adalah berdoa dan tentunya memohon kepada Allah SWT supaya program yang besar ini bisa berjalan dengan baik dan tentunya semua elemen masyarakat bisa mendukung," terangnya.

Berikut ini rangkaian kegiatan Presiden Jokowi di IKN Nusantara, Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, hari ini 14 Maret 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News