Inilah Salah Satu Amalan Ramadan yang Sungguh Baik Menurut Muhadjir Effendy

Inilah Salah Satu Amalan Ramadan yang Sungguh Baik Menurut Muhadjir Effendy
Menko PMK Muhadjir Effendy. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa Ramadan merupakan bulan yang istimewa bagi umat muslim.

Menurutnya, dengan berpuasa sebulan penuh bisa melatih diri menjadi manusia yang baik.

"Salah satu amalan Ramadan yang sungguh baik adalah bersikap pemurah bagi sesama, terutama bagi saudara-saudara yang sangat memerlukan," kata Muhadjir dalam Sapa Ramadan JPNN.com, Kamis (22/4).

Muhadjir menjelaskan bahwa Ramadan juga menjadi ajang melatih diri guna melahirkan sikap dan rasa tolong-menolong terhadap sesama di tengah pandemi Covid-19 dan segala bencana alam yang melanda tanah air.

"Datangnya bulan suci Ramadan, bisa dijadikan momen melatih diri untuk menjadi insan yang mampu merasakan derita sesama dan melahirkan sikap ta'awun, yakni semangat saling menolong, bergotong royong, bekerja sama dengan orang lain secara tulus dan baik," ujar Muhadjir.

Bagi mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, dengan berpuasa akan tumbuh semangat solidaritas sosial, kehidupan sosial yang religius, bermoral, demokratis, harmonis, toleransi, dan saling menjunjung tinggi martabat kemanusiaan tanpa adanya diskriminasi.

"Sebagai sesama anak bangsa, dalam momentum Ramadan yang mulia ini, saya mengajak kita semua untuk meningkatkan rasa solidaritas, persatuan, dan kesatuan Indonesia," kata Muhadjir. (cr1/jpnn)

Muhadjir Effendy mengatakan bahwa dengan berpuasa sebulan penuh bisa melatih diri menjadi manusia yang baik.


Redaktur & Reporter : Dean Pahrevi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News