Rabu, 18 Oktober 2017 – 20:10 WIB

Inilah Satu-satunya Daerah Punya Perbup Penanggulangan Bunuh Diri

Senin, 14 Agustus 2017 – 08:30 WIB
Inilah Satu-satunya Daerah Punya Perbup Penanggulangan Bunuh Diri - JPNN.COM

jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Keberadaan Tim Pencegahan Bunuh Diri dinilai belum dirasakan merata oleh masyarakat Gunung Kidul, DI Jogjakarta.

Situasi itu sedikit banyak diakui oleh tim. Namun, upaya untuk mencapai target yang dipasang tim pencegahan bunuh diri dinilai mulai berjalan.

Anggota tim pencegahan bunuh diri Ida Rochmawati menyatakan, pemkab sejatinya sudah memperhatikan dan serius untuk menangani kasus yang menstigma Gunung Kidul selama ini.

Keberadaan Satgas Berani Hidup, yang dilanjutkan dengan tim pencegahan bunuh diri adalah bukti keseriusan dari Pemkab.

“Tolong ini dicatat, Gunung Kidul adalah satu-satunya kabupaten yang punya peraturan bupati terkait penanggulangan bunuh diri. Ini sudah bergerak, cuma memang belum sinergi,” kata Ida kepada Jawa Pos.

Perempuan yang juga satu-satunya psikiater di Gunung Kidul itu menyebut, yang dilakukan saat ini adalah deteksi dini terkait faktor resiko bunuh diri.

Dari beberapa kesempatan, dirinya mengunjugi langsung masyarakat, termasuk tokoh agama untuk menyosialisasikan deteksi dini itu. “Kami bersama Imaji juga, menyampaikan sosialisasi motto Lihat, Dengar, dan Hubungkan,” kata Ida.

Ida yang datang ke Gunung Kidul sebagai dokter PTT, 17 tahun lalu itu menerangkan, motto itu adalah konsep sederhana agar mayarakat paham melakukan deteksi dini perilaku bunuh diri.

SHARES
loading...
loading...
Komentar