Inilah Tips Mengatur Keuangan Selama Ramadan

Inilah Tips Mengatur Keuangan Selama Ramadan
Ilustrasi uang. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Perencana Keuangan Lolita Setyawati memberikan tips untuk mengatur keuangan selama Ramadan. Tips ini perlu diterapkan agar ibadah di bulan Ramadan dapat berjalan aman dan nyaman.

"Tips pertama, yang harus dilakukan untuk mengatur keuangan di masa Ramadan adalah buatlah daftar prioritas sesuai kebutuhan," kata Lolita dalam diskusi virtual, Selasa (13/4).

Dengan menuliskan daftar prioritas, dapat mengetahui kebutuhan dan keinginan sehingga dapat lebih bisa dihindarkan untuk melakukan belanja tidak terduga.

Banyak terjadi kesalahan dalam pengaturan keuangan di masa Ramadan karena orang Indonesia suka tergoda dan mengaburkan makna antara keinginan dan kebutuhan karena tidak adanya daftar prioritas.

Tips kedua, siapkan dana ekstra untuk kebutuhan tambahan.

Di masa Ramadan, kerap kali ada banyak kebutuhan tambahan yang meningkat.

Misalnya, keinginan untuk bersedekah atau membagikan tunjangan hari raya (THR) kepada keluarga, meskipun tidak dapat berjumpa karena larangan mudik akibat Covid-19.

Dana ekstra ini harusnya disiapkan sebelum Ramadan tiba. Namun, belum terlambat untuk memulai dari sekarang sebelum perayaan Lebaran berlangsung.

Perencana Keuangan Lolita Setyawati memberikan tips untuk mengatur keuangan selama Ramadan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News