Inilah Tujuh Tuntutan Pengusaha

Inilah Tujuh Tuntutan Pengusaha
Buruh. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, pihaknya telah menyusun matriks tujuh tuntutan dunia usaha yang harus diwujudkan pemerintah. Poin-poin itu dijaring dari permasalahan di 25 asosiasi industri.

"Pada dasarnya, itu mencakup beberapa rekomendasi yang bisa segera dilakukan dalam jangka pendek maupun jangka panjang," terangnya.

Pertama, melakukan deregulasi peraturan yang menghambat dan menimbulkan ekonomi biaya tinggi. Kedua, merelaksasi kebijakan fiskal dan kebijakan kredit perbankan.

Ketiga, kebijakan ketenagakerjaan harus lebih kondusif bagi iklim usaha. Salah satunya terkait dengan upah minimum yang realistis. Keempat, menjaga daya beli masyarakat. "Itu PR jangka pendek," katanya.

Untuk PR jangka panjang, Apindo menuntut agar pemerintah mendorong tumbuhnya industri dalam negeri yang berguna untuk menyubstitusi impor. Poin ketujuh, menciptakan kebijakan pendorong ekspor.

"Misalnya, mempercepat perjanjian perdagangan internasional dengan negara-negara yang berpotensi menjadi pasar ekspor baru," jelasnya. (wir/dee/c5/kim)

 


JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, pihaknya telah menyusun matriks tujuh tuntutan dunia usaha


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News