Inisiatif Transisi Energi sebagai Ikhtiar Pertamina untuk Indonesia Bebas Emisi Terus Berlanjut

Jelang HUT ke-65 Pertamina

Inisiatif Transisi Energi sebagai Ikhtiar Pertamina untuk Indonesia Bebas Emisi Terus Berlanjut
Jelang HUT ke-65, Pertamina memastikan ikhtiarnya melalui inisiatif transisi energi untuk mendukung Indonesia bebas emisi tahun 2060 terus berlanjut. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Menjelang hari ulang tahun (HUT) ke-65, Pertamina memastikan ikhtiarnya melalui inisiatif transisi energi terus berlanjut dalam kerangka pengurangan emisi karbon yang semakin progresif.

Sesuai dokumen Nationally Determined Contribution (NDC) terbaru, Indonesia menaikkan target pengurangan emisi menjadi 31,89 persen di tahun 2030 mendatang dengan target dukungan internasional sebesar 43,20 persen.

Di usianya yang ke-65 tahun, Pertamina terus mengokohkan diri menjadi pilar transisi terus berkomitmen mengurangi produksi emisi dan secara konsisten mengembangkan beberapa proyek emisi rendah karbon.

Pada saat yang sama, Pertamina juga secara agresif melanjutkan pengembangan energi terbarukan sesuai roadmap transisi energi perusahaan.

Pjs Vice President Corporate Communication Heppy Wulansari menyampaikan Pertamina terus berperan aktif dalam upaya mitigasi emisi global untuk mengantisipasi perubahan iklim dengan mencanangkan target mencapai net zero emission di tahun 2060 atau lebih cepat.

Kemajuan berbagai inisiatif terlihat nyata, di antaranya Pertamina telah mengimplementasikan penggunaan energi surya di beberapa wilayah operasi, seperti Dumai, Cilacap dan SPBU Green Energy dengan kapasitas 1-2 MW.

Pertamina juga mulai melakukan terobosan peningkatan kapasitas energi surya yang lebih besar untuk memasok kebutuhan Proyek Rokan hingga 25 MW.

Lebih lanjut Heppy juga menyampaikan Pertamina terus melakukan inisiasi rendah karbon pada megaproyek GRR Tuban serta memasok energi dari pembangkit listrik LNG dengan kapasitas 570 MW.

Jelang HUT ke-65, Pertamina memastikan ikhtiarnya melalui inisiatif transisi energi untuk mendukung Indonesia bebas emisi tahun 2060 terus berlanjut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News