Injak Usia 49 Tahun, PGN Mantapkan Diri Sebagai BUMN Gas yang Mandiri

Injak Usia 49 Tahun, PGN Mantapkan Diri Sebagai BUMN Gas yang Mandiri
Injak Usia 49 Tahun, PGN Mantapkan Diri Sebagai BUMN Gas yang Mandiri

jpnn.com - JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) hari ini merayakan ulang tahunnya yang ke-49 tahun. Di usianya yang semakin matang ini, PGN ingin membuktikan mampu menjadi solusi bagi pemenuhan energi di dalam negeri.

"Melalui pembangunan infrastruktur gas bumi di berbagai wilayah Indonesia, PGN terus memperluas pemanfaatan gas bumi, guna mengurangi ketergantungan energi terhadap bahan bakar minyak (BBM)," ungkap Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso melalui keterangan tertulisnya, Selasa (13/5).

Atas keberhasilan itu, pihaknya bersyukur bahwa PGN dapat terus berkarya untuk mewujudkan kemandirian energi dengan membangun infrastruktur dan menyalurkan gas bumi ke berbagai wilayah di Indonesia. "Dengan energi yang ramah lingkungan dan efisien, PGN berharap perekonomian Indonesia akan mampu bersaing dengan negara-negara lain demi mewujudkan kesejahteraan rakyat," harapnya.
 
Di samping itu, pihaknya juga mengucapkan terimakasih pada semua pihak yang sudah membantu dan memberikan dukungan atas program-program PGN.

"Kami juga ingin menyampaikan terima kasih kepada pelanggan, regulator, pemerintah, mitra bisnis dan stakeholder lain yang telah mendukung dan bersinergi dengan PGN selama 49 tahun, untuk mewujudkan kemandirian energi di bumi pertiwi," terang Hendi.
 
Memasuki usia ke 49 tahun lanjut Hendi, PGN kini telah memantapkan diri sebagai BUMN gas yang mandiri dengan membangun berbagai infrastruktur dan memperkuat pasokan gas bumi di sektor hulu. Di sektor infrastruktur, PGN telah membangun lebih dari 6.000 Km jaringan pipa gas, memiliki dua unit Floating Storage Regasification Unit (FSRU). Di mana salah satunya di miliki bersama melalui Nusantara Regas, membangun dua unit Mobile Refueling Unit (MRU) dan sejumlah SPBG di Indonesia.
 
Melalui jaringan distribusi, selama tahun 2013, PGN menyalurkan sebanyak 827 MMSCFD atau setara dengan 145 ribu barel minyak per hari, kepada lebih dari 100 ribu pelanggan rumah tangga dan 3000 pelanggan industri, UKM komersial dan SPBG.
 
Dengan menyalurkan gas bumi kepada para pelanggan tersebut, PGN setidaknya mampu menciptakan efisiensi biaya bahan bakar sekitar Rp 55 triliun per tahun. (chi/jpnn)


JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) hari ini merayakan ulang tahunnya yang ke-49 tahun. Di usianya yang semakin matang ini, PGN ingin membuktikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News