Inkoppas Terus Mendorong Digitalisasi Pasar Hadapi Revolusi Industri 4.0

Inkoppas Terus Mendorong Digitalisasi Pasar Hadapi Revolusi Industri 4.0
Ketua Umum Inkoppas Yudianto Tri. Foto: Istimewa.

jpnn.com, JAKARTA - Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas) terus berupaya melaksanakan program digitalisasi pasar.

Hal itu sebagai jawaban terhadap tantangan Revolusi Industri 4.0 yang dihadapi pedagang pasar saat ini.

Bersamaan dengan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) 2021, Inkoppas melakukan pencanangan digitalisasi pasar berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan pihak terkait lainnya.

Menurut Ketua Umum Inkoppas Yudianto Tri, digitalisasi pasar adalah kegiatan pelayanan pedagang pasar dengan menggunakan teknologi digital dan sebagai komplementer dari pola pengelolaan konvensional melalui kelembagaan Koperasi Pedagang Pasar (Koppas).

"Untuk mendukung pengembangan program digitalisasi kami merealisasikan penguatan modal untuk pedagang pasar dengan penyaluran melalui Koppas-Koppas," ujar Yudianto Tri dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/8).

Menurut dia, pada target awal dilakukan pilotting di lima pasar, selanjutnya diperluas ke 35 Koppas.

“Bekerja sama dengan lembaga keuangan, disepakati per Koppas akan menerima alokasi Rp 2 miliar sehingga total modal yang digulirkan mencapai Rp 70 miliar," ungkap Yudianto Tri.

Dia menjelaskan untuk pilotting program ini akan dilakukan di Koppas Pondok Labu Jakarta, Koppas Blok A, Koppas Cibubur.

Ketua Umum Inkoppas Yudianto Tri mengatakan digitalisasi pasar adalah kegiatan pelayanan pedagang pasar dengan menggunakan teknologi digital dan sebagai komplementer dari pola pengelolaan konvensional melalui kelembagaan Koperasi Pedagang Pasar (Koppas).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News