Yudianto Minta Inkoppas Beradaptasi dengan Revolusi Industri 4.0

Yudianto Minta Inkoppas Beradaptasi dengan Revolusi Industri 4.0
Ketua Umum Inkoppas Yudianto Tri. Foto: Istimewa.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Induk Koperasi Pedagang Pasar Yudianto Tri bertekad menjadikan Inkoppas sebagai Apex Koperasi atau 'Bank Indonesia-nya' koperasi-koperasi pedagang pasar (koppas) di tanah air.

Yudianto mengatakan bahwa Inkoppas bertugas menjaga likuiditas koppas-koppas agar dapat memenuhi kewajiban kepada pihak ketiga.

“Kami juga akan melakukan penguatan permodalan koppas-koppas sehingga pedagang pasar sebagai anggota koppas akan memiliki backup keuangan dalam menjalankan usaha distribusi kebutuhan bahan pokok," kata Yudianto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/7).

Dia membeberkan cara untuk mewujudkan Inkoppas sebagai BI-nya koppas.

Menurutnya, yang pertama dilakukan ialah memodernisasi koppas dengan mendorong mereka memasuki layanan digital.Selain itu, tata kelola koppas harus menggunakan sistem informasi online

"Layanan kepada pedagang pasar menggunakan aplikasi digital berbasis android dan iOS di smartphone yang aplikasinya masih dalam pilot project.

Pedagang sudah tidak direpotkan oleh kebutuhan untuk tarik, setor, pindah buku, transfer karena berpindah menggunakan aplikasi digital tersebut," paparnya.

Menurut dia, pedagang dengan mudah dapat membayar kewajiban seperti retribusi, angsuran kios, service charge pasar dan lain-lain.

Ketua Umum Inkoppas Yudianto Tri akan melakukan penguatan permodalan koperasi pedagang pasar. Selain itu, membawa Inkoppas beradaptasi dengan layanan digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News