Inkoppol Gelar Operasi Pasar

Inkoppol Gelar Operasi Pasar
Inkoppol Gelar Operasi Pasar

jpnn.com - JAKARTA -- Induk Koperasi Kepolisian Indonesia (Inkoppol) bersama Bulog dan PD Pasar Jaya, menggelar operasi pasar untuk gula pasir di Pasar Grogol, Jakarta Barat, Jumat (16/9). Operasi pasar ini digelar untuk  menekan harga yang beredar di masyarakat saat ini mencapai Rp 16 ribu perkilogram.

Kepala Divisi Perdagangan dan Pergudangan Inkoppol Irjen Pol (Purn) Mudji Waluyo mengatakan, ini merupakan operasi pasar yang pertama kalinya untuk wilayah Jakarta. Operasi ini dilakukannsetelah mendapatkan penugasan dari Kementerian Perdagangan untuk membantu dalam rangka menstabilkan harga gula nasional. "Kami menjual gula pasir dalam operasi pasar hari ini Rp 12.500 perkilogram,” kata Mudji di sela-sela operasi pasar bersama-sama Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Dia menjelaskan, untuk wilayah DKI Jakarta digelar di 43 pasar yang dikelola PD Pasar Jaya. Namun demikian, pihaknya juga melakukan kegiatan serupa di pasar “becek” dan supermarket.

Setiap lapak dapat keuntungan Rp 500 perkilogramnya. Sebab dari Inkoppol  menyediakan dengan harga Rp12 ribu perkilogram. Sedangkan harga di pasaran saat ini mencapai angka Rp 16  ribu/ perkilogram.

Mudji  menjamin stok gula pasir khususnya untuk wilayah DKI Jakarta yang dimiliki Inkoppol masih mencukupi sampai akhir Desember 2016 mendatang.  "Kami  punya 20 ribu ton gula. Berarti  kalau dirata-ratakan setiap hari siap 200 ton gula pasir,” kata dia.

Sekadar diketahui, dalam program operasi pasar dari Kemendag itu, Inkoppol mendapatkan jatah wilayah di Pulau Jawa, meliputi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Enggartiasto Lukita menyatakan Inkoppol dan Bulog mendapatkan penugasan untuk memasok gula, beras dan daging guna menstabilkan harga di pasaran saat ini. “Yang penting adalah pola kerjasama dengan PD Pasar Jaya untuk menampung menyalurkan kepada pedagang kemudian menyalurkan kepada konsumen,” ujar menteri asal Partai Nasdem itu.  Pola ini berlaku di seluruh pasar di DKI Jakarta. "Nantinya, akan diikuti di daerah lainnya guna memotong mata rantai agar harga tidak berlebihan hingga stabil," paparnya.

Enggartiasto Lukita tiba di Pasar Grogol pukul 06.30. Dia langsung mendatangi lapak sembako dan bertanya-tanya perkembangan harga kebutuhan bahan pokok di pasaran khususnya gula pasir. Tidak lama kemudian mendatangi los penjual daging dan sayur-sayuran.
Salah satu warga, Rudi merasa tertolong dengan adanya operasi pasar yang digelar oleh Inkoppol. Sebab, harganya murah dibandingkan yang ada di pasaran. "Mudah-mudahan operasi pasar ini terus berlangsung," harapnya. (boy/jpnn)


JAKARTA -- Induk Koperasi Kepolisian Indonesia (Inkoppol) bersama Bulog dan PD Pasar Jaya, menggelar operasi pasar untuk gula pasir di Pasar Grogol,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News