Rabu, 14 November 2018 – 16:02 WIB

Innalillahi, Jenderal ini Meninggal Tepat 10 Tahun Pasca Pimpin Kopassus

Senin, 04 September 2017 – 21:06 WIB
Innalillahi, Jenderal ini Meninggal Tepat 10 Tahun Pasca Pimpin Kopassus - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - 4 September 2007 pengabdian Rasyid Quenuen Aquary sebagai Komandan Jenderal (Danjend) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) resmi berakhir. Namanya kemudian dipilih menjadi Pangdam XVI/Pattimura. 10 tahun berselang, tepat di tanggal 4 September (hari ini), Sang Letjend (Purn) mengakhiri perjalanan sebagai insan. Beliau meninggal sore tadi pukul 16.50 di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

Kepergian pria yang hobi bermain golf itu mengagetkan banyak rekannya. ”Karena selama ini beliau sehat dan bugar. Saya baru ketemu dua minggu lalu,” kata sahabat Rasyid, Ludy Eqbal.

Rasyid dan Eqbal merupakan kawan akrab, terutama di lapangan golf. Mereka bahkan membentuk grup bernama Cepa Golf. Rasyid menjadi pembina, sedangkan Eqbal menjadi presiden. ”Beliau sosok yang tegas namun baik hati dan perhatian,” pujinya.

Karir militer Rasyid cukup gemilang. Sebelum menjadi Danjen Kopassus, pria kelahiran Bandung 13 Januari 1953 itu dipercaya memegang jabatan Dan Grup A Paspampres. Lepas dari Kopassus, dia sempat memimpin dua Komando Daerah Militer. Pertama, Pangdam XVI/Pattimura, dan Pangdam III/Siliwangi. Jabatan terakhirnya di militer adalah sebagai Sekjen Wantannas

Usai pensiun dari dunia militer, Rasyid tetap aktif di banyak bidang. Dia dipercaya menjadi Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia. Di dunia golf, namanya menjadi Komisaris Utama Golflink Resort. Rencananya almarhum akan disemayamkan di rumah duka di kawasan Gongseng Raya, Cijantung, Jakarta Timur.

Selamat jalan Jenderal…. (JPNN/pda)

SHARES
TAGS   Kopassus
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar