Innalillahi..Banjir Rendam Jawa Tengah, 24 Tewas, 26 Hilang

Innalillahi..Banjir Rendam Jawa Tengah, 24 Tewas, 26 Hilang
Ilustrasi. Foto: bnpb-JawaPos

jpnn.com - SOLO - Hujan lebat yang turun sejak Sabtu (18/6) siang hingga malam hari membuat 16 kota/kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) direndam banjir.

Wilayah yang tertimpa musibah itu adalah Purworejo, Banjarnegara, Kendal, Sragen, Purbalingga, Banyumas, Sukoharjo, Kebumen, Wonosobo, Pemalang, Klaten, Magelang, Wonogiri, Cilacap, Karanganyar, dan Kota Solo.

"Banjir dan longsor ini menyebabkan 24 orang meninggal dunia, 26 orang hilang dan masih dalam pencarian, puluhan rumah rusak tertimbun longsor, dan ribuan rumah terendam banjir," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (19/6) siang.

Menurut dia, korban jiwa terbanyak terjadi di Kabupaten Purworejo. Jumlah korban jiwa sebanyak sebelas orang meninggal dunia dan 26 orang hilang. Banjir dan longsor di Kabupaten Purworejo terjadi di 30 desa 16 kecamatan. 

Kemudian banjir bandang dan longsor Kabupaten Kebumen menewaskan tujuh orang tewas. Sementara korban meninggal lainnya, yakni di Kabupaten Banjarnegara berjumlah enam orang.

"Saat ini evakuasi korban dan pencarian korban hilang masih terus dilakukan. Dapur umum dan posko telah didirikan. Pendataan masih terus dilakukan," pungkas Sutopo. (fab/jpg/jpnn)


SOLO - Hujan lebat yang turun sejak Sabtu (18/6) siang hingga malam hari membuat 16 kota/kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) direndam banjir. Wilayah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News