Inovasi dalam Fitur

Inovasi dalam Fitur
Inovasi dalam Fitur
REPUTASI Apple Inc. sebagai parameter produsen PMP tidak perlu dipertanyakan lagi. Berbagai langkah inovatif terus dilakukan perusahaan yang dipimpin Steve Jobs itu. Hasil inovasi terbaru Apple diumumkan pada 9 September lalu. Mereka meluncurkan versi terbaru iPod Nano dan iPod Touch. Dua varian PMP tersebut merupakan senjata Apple untuk menaklukkan pasar.

iPod Nano 4th Generation

Desain iPod Nano telah beberapa kali diubah sejak keluar kali pertama pada September 2005. Dalam re-release kali ini, desain iPod Nano juga dirombak cukup drastis. Tampilan produk generasi keempat ini beda jauh dibandingkan edisi sebelumnya (yang kebetulan juga dirilis September tahun lalu).

Pada generasi ketiga, ukuran PMP itu 5,23 x 6,98 x 0,65 cm. Kali ini bentuk iPod Nano diubah jadi menyerupai Nano generasi kedua. Namun, jauh lebih tipis. Permukaannya terlihat lebih memanjang. Dimensinya mencapai 9,07 x 3,87 x 0,62 cm.

Dalam iPod Nano 4G terdapat accelerometer seperti iPod Touch. Sehingga, arah tampilan gambar pada layar bisa berubah hanya dengan mengubah posisi player. Jika playerdimiringkan menjadi horizontal, tampilan gambar pada layar ikut jadi horizontal.

Fitur itu juga menyajikan fasilitas shake control. Cukup dengan menggoyang bodi player, lagu yang diputar akan ikut berubah. Dalam iPod Nano 4G, ada beberapa games yang bisa dimainkan memakai fasilitas accelerometer. Permainan dapat dikendalikan hanya dengan menegakkan atau memiringkan bodi player.

iPod Nano 4G juga dilengkapi dengan fitur cover flow. Kemampuan tersebut memungkinkan untuk mencari lagu yang diinginkan dengan melihat album art. Pengguna tinggal memencet dan menahan tombol tengah untuk browse lagu sesuai dengan direktori album atau nama artis. Untuk memilih lagu, cukup tekan tombol tengah sekali lagi.

REPUTASI Apple Inc. sebagai parameter produsen PMP tidak perlu dipertanyakan lagi. Berbagai langkah inovatif terus dilakukan perusahaan yang dipimpin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News