Insiden Bendera Tiongkok di Cabang Renang Asian Games 2018

Insiden Bendera Tiongkok di Cabang Renang Asian Games 2018
Sun Yang. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Manusia Ikan asal Tiongkok, Sun Yang meraih medali emas dari cabang renang nomor 200m gaya bebas putra Asian Games 2018, di Aquatics Center, Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (19/8).

Perenang yang meraih tiga medali emas di Asian Games 2014 (400m gaya bebas, 1500m gaya bebas dan 4 x 100m gaya bebas) itu finis pertama di kolam renang GBK dengan catatan waktu satu menit 45,43 detik.

Sun Yang mengalahkan perenang Jepang Matsumoto Katsuhiro (satu menit 46,50 detik) dan perenang Tiongkok lainnya Ji Xinjie (satu menit 46,68 detik).

"Saya harus menunggu delapan tahun untuk gelar ini. Ini terasa seperti grand slam karena setelah emas Olimpiade Rio 2016 dan kejuaraan dunia, sekarang emas Asia. Ini hasil yang sempurna, sebuah mimpi," kata Sun Yang seperti dikutp dari AFP.

Sayang, seperti yang juga dilaporkan AFP, pengalungan medali untuk pemenang di nomor ini diwarnai insiden. Bendera nasional Tiongkok dan Jepang yang ada dalam upacara, terjatuh saat hendak dikibarkan. Ketika itu lagu kebangsaan Tiongkok sedang berkumandang.

Sun Yang geram dan kecewa, kemudian meminta lagu kebangsaannya diulang usai kerusakan terkait bendera diperbaiki. (adk/jpnn)


Bendera Tiongkok tiba-tiba terjatuh saat upacara penghormatan kepada pemenang cabang renang nomor 200m gaya bebas Asian Games 2018.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News