Instruksi Gus Yaqut untuk Seluruh ASN Kemenag, Ini soal Umat

Instruksi Gus Yaqut untuk Seluruh ASN Kemenag, Ini soal Umat
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Menag Gus Yaqut. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta seluruh aparatur sipil negara (ASN) Kemenag untuk memperbaiki niat pengabdian dan pengabdian kepada umat.

Permintaan tersebut disampaikan Menag Yaqut dalam peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama yang jatuh pada 3 Januari 2023

"Jadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia,” ujar Gus Yaqut, sapaan akrabnya.

Dia meminta keluarga besar Kemenag untuk mengenal, memahami dan meresapi atau bertanya kembali mengapa dan untuk apa Kementerian Agama yang dahulu bernama Departemen Agama ini lahir pada 1946.   

“Lalu, kami sebagai generasi penerus Kementerian Agama, sudahkah melakukan pengabdian sebagaimana khittah kelahiran Kementerian Agama atau belum?” kata Menag.

Setahun yang lalu, ujarnya, pada peringatan HAB ke-76 Kemenag menggelorakan semangat transformasi layanan umat. Dan secara bertahap, cita bersama itu mulai terwujud dan tampak hasilnya.

Kementerian Agama, kata Gus Yaqur, kini sudah terlihat berubah. Birokrasinya lebih lincah dan responsif. Transformasi digital mulai berjalan, salah satunya dengan kehadiran Pusaka Super Apps, aplikasi layanan Kementerian Agama.

“Beragam inovasi digital juga terus dilakukan, mulai pusat hingga daerah,” lanjutnya.

Menag Gus Yaqut mengeluarkan instruksi untuk seluruh ASN Kemenag, sebut masalah umat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News