Insya Allah, Pemerintah Menyatu dengan Guru

Insya Allah, Pemerintah Menyatu dengan Guru
Menko PMK Puan Maharani saat hadir pada acara HUT PGRI di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (13/12). FOTO: Kemenko PMK

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyatakan, pemerintah akan terus meningkatkan kesejahteraan para guru. Sebab, guru punya peran penting bagi pendidikan nasional.

Puan menyampaikan hal itu saat berpidato pada peringatan hari ulang tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (13/12). Sebagaimana dikutip JawaPos.Com, Puan berpidato di acara itu untuk mewakili Presiden Joko Widodo yang ada agenda lain.

“Pemerintah sedang mengusahakan meningkatan kesejahteraan guru, tapi harus ada pemahaman yang sama. Perlu gotong royong membangun bangsa sebagai sebuah keluarga bangsa Indonesia. Pemerintah, insya Allah, akan bersama PGRI,” ujarnya di hadapan ratusan ribu guru yang hadir di GBK.

Pernyataan Puan itu langsung mendapat tepuk tangan para guru di GBK yang kompak berseragam khas PGRI. Semula kehadirannya justru disoraki. Sebab, para guru mengharapkan Presiden Jokowi yang hadir langsung di acara itu.

Acara HUT PGRI itu memang sempat menjadi polemik. Sebab, sebelumnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi dan Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan, Anies Baswedan mengeluarkan surat edaran. Isinya adalah mengingatkan para guru tak usah hadir di acara HUT PGRI. Alasannya, rangkaian perayaan Hari Guru Nasional (HGN) telah tuntas pada November lalu.

Karenanya dalam acara peringatan HUT PGRI it, Puan mengatakan, pemerintah sedang sedang membahas aturan yang mengatur organisasi profesi guru. Hal itu bukan untuk membatasi guru berorganisasi, melainkan justru demi mendorong peningkatan kualitas guru dan tenaga pendidik.

Puan menjelaskan, saat ini Kemdikbud juga sudah membentuk direktorat jenderal guru dan tenaga kependidikan.

“Hal tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap peranan guru yang sangat penting dalam dunia pendidikan, sehingga dibentuk tempat khusus untuk mewadahi permasalahan dan pengembangan guru ke depannya,” ujar Puan.

JAKARTA – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyatakan, pemerintah akan terus meningkatkan kesejahteraan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News