Invasi Rusia Merepotkan Dunia, KTT G20 di Bali Wajib Membahasnya

Invasi Rusia Merepotkan Dunia, KTT G20 di Bali Wajib Membahasnya
Presiden Jokowi banjir ucapan selamat saat menghadiri KTT G20 di Osaka. Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti senior CSIS Rizal Sukma menilai Indonesia tidak bisa mengabaikan isu invasi Rusia terhadap Ukraina dalam KTT G20 di Bali nanti.

Pasalnya, konflik bersenjata tersebut berdampak serius terhadap perekonomian global, termasuk bagi upaya pemulihan pascapandemi COVID-19 yang jadi tema besar presidensi Indonesia.

Oleh karena itu, ia mengusulkan agar Indonesia bisa memastikan bahwa seluruh negara anggota G20 berkomitmen untuk membicarakan solusi dari dampak yang muncul akibat konflik Rusia-Ukraina.

"Jika tidak ada komitmen untuk hadir seperti itu, sebaiknya Indonesia membatalkan saja G20 itu dan menyerahkan kepada ketua berikutnya," katanya.

Selain memberikan usulan tersebut, Rizal juga menyebutkan beberapa poin penting lain terkait dampak konflik Rusia-Ukraina terhadap kondisi geopolitik dan hubungan internasional, terutama di Asia.

Pertama, ia menilai bahwa konflik Rusia-Ukraina menampik sejumlah asumsi yang selama ini diyakini sebagai prinsip-prinsip utama dalam pelaksanaan hubungan antarnegara, misalnya tentang asumsi bahwa saling ketergantungan ekonomi antarnegara dapat mencegah perang.

"Sekarang ini Eropa merupakan mitra dagang Rusia yang terbesar dan juga merupakan pasar utama dari Rusia, sekitar 50 persen dari pendapatan Rusia berasal dari sana. Hal ini ternyata tidak mencegah Rusia untuk mengambil kebijakan menginvasi Ukraina," katanya.

Kemudian, poin penting berikutnya adalah bahwa konflik Rusia-Ukraina tersebut memberikan implikasi terhadap opini publik di kawasan Asia.

Peneliti CSIS menyebut konflik Rusia versus Ukraina adalah topik yang harus dibahas Indonesia pada KTT G20 di Bali mendatang

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News