Investasi Denmark ke Indonesia Meningkat, Jokowi Senang

Investasi Denmark ke Indonesia Meningkat, Jokowi Senang
Presiden Joko Widodo didampingi ibu negara Iriana menyaksikan PM Denmark Lars Lokke Rasmussen menandatangani kerja sama di berbagai bidang, antara lain di bidang maritim dan lingkungan hidup. Foto Biro Pers

jpnn.com, BOGOR - Presiden Joko Widodo mengaku senang atas meningkatnya investasi Denmark ke Indonesia.

Meningkatnya juga cukup signifikan yakni sebesar 1.262 persen.

Itu disampaikan suami Iriana usai pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Denmark Lars Lokke Rasmussen di Istana Bogor, Selasa (28/11).

“Dengan iklim investasi yang semakin baik, saya harapkan kerja sama investasi semakin meningkat,” kata Presiden yang akrab disapa Jokowi.

Dalam kunjungan resmi perdana PM Denmark ke Indonesia dan ASEAN tersebut, kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang, antara lain di bidang maritim dan lingkungan hidup.

“Kerja sama di bidang maritim, antara lain pemberantasan IUU (Illegal, Unreported, and Unregulated) Fishing, dan dukungan Denmark terhadap ”Our Ocean Conference” di Indonesia tahun 2018,” ucap Presiden.

Indonesia dan Denmark juga sepakat meningkatkan kerja sama di bidang lingkungan hidup melalui _“Environment Support Programme”_ (ESP) dalam beberapa proyek bersama, antara lain pelestarian Hutan Harapan di Jambi, kerja sama di bidang lingkungan hidup antar-universitas.

Kemudian kerja sama di bidang pengelolaan limbah dan manajemen air, serta manajemen pengolahan sampah, di mana nota kesepahaman telah dipertukarkan dalam pertemuan tersebut.

“Energi terbarukan juga menjadi pokok bahasan dalam Pertemuan. Kerja sama akan difokuskan pada target jangka panjang pemenuhan energi baru terbarukan dan konservasi energi, di mana pengembangan kerja sama energi baru merupakan salah satu prioritas,” jelas Jokowi.

Presiden juga menyambut baik pengesahan “Rencana Aksi Implementasi Kemitraan Indonesia-Denmark 2017-2020 sebagai tindak lanjut “Kemitraan Inovatif” yang ditandatangani saat kunjungan Ratu Denmark ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Presiden Joko Widodo mengaku senang atas meningkatnya investasi Denmark ke Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News