Investasi Obligasi Fixed Rate Bisa Lewat Bibit Plus

Investasi Obligasi Fixed Rate Bisa Lewat Bibit Plus
Investasi Obligasi Fixed Rate bisa lewat Bibit Plus. Foto: Bibit.id

jpnn.com, JAKARTA - Bibit.id, aplikasi investasi digital terdepan di Indonesia kembali menghadirkan inovasi untuk membantu para investor mendiversifikasikan portofolio investasi mereka.

Lewat Bibit Plus, kini masyarakat bisa dengan mudah membeli Obligasi Negara Fixed Rate (FR) yang 100 persen dijamin pemerintah Indonesia.

Head of Investment Research Bibit.id Vivi Handoyo Lie mengatakan bahwa Obligasi FR memiliki beberapa keunggulan yang menjadikannya menarik.

Pertama, yield Obligasi FR tergolong tinggi dan lebih besar daripada deposito atau tabungan di bank. Saat ini, rata-rata yield Obligasi FR adalah sekitar 5-7 persen per tahun.

Apabila mengacu pada Data Statistik Perbankan Indonesia bulan Desember 2022, rata-rata suku bunga deposito ≥12 bulan bank umum adalah 4,68 persen per tahun, sementara pada periode yang sama inflasi telah menyentuh angka 5,51 persen.

Di sisi lain, pajak yang dikenakan pada Obligasi FR juga hanya 10 persen, berbeda dari deposito yang berada di angka 20 persen.

Kedua, kata dia dari segi keamanan Obligasi FR merupakan instrumen investasi yang sangat aman karena pemerintah Indonesia menjamin 100 persen pembayaran pokok dan kuponnya.

Berbeda dari deposito yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan memiliki batas maksimal Rp 2 miliar per bank per nasabah, jumlah investasi Obligasi FR tetap dijamin oleh negara tanpa batas maksimal.

Lewat Bibit Plus, masyarakat bisa dengan mudah investasi membeli Obligasi Negara Fixed Rate (FR) yang 100 persen dijamin pemerintah Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News