IoT Berperan Penting Mewujudkan Tujuan dari Program Subsidi Kendaraan Listrik

IoT Berperan Penting Mewujudkan Tujuan dari Program Subsidi Kendaraan Listrik
Ilustrasi motor listrik. Foto: dok Yadea Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah telah menetapkan pemberian subsidi untuk kendaraan listrik berbasis baterai murni, dalam upaya mempercepat elektrifikasi di tanah air. 

Penerima subsidi satu di antaranya ialah diutamakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Terkait kebijakan tersebut, Alamsyah Cheung selaku CEO FoxLogger, penyedia GPS tracker berbasis IoT di Indonesia, mengatakan selain bisa mendukung upaya penciptaan energi bersih, kebijakan untuk UMKM juga akan membantu aktivitas keseharian mereka.

“Insentif ini akan membuat operasional makin lancar dan lebih cost effective terutama untuk UMKM yang sedang berekspansi. Insentif ini akan menunjang produktivitas dan efisiensi mereka,” ujar dia, dalam siaran resmi, Senin (27/3).

Agar tujuan tersebut tercapai, Alamsyah lalu menyatakan dalam urusan operasional maka aspek safety dan security harus diperhatikan secara saksama.

Keberadaan motor listrik sebagai sesuatu yang baru, menurut dia, pastinya akan memancing orang-orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan pencurian.

“Hal itu perlu ditantisipasi. Salah satunya lewat penggunaan produk teknologi yang memanfaatkan Internet of Things. Sayang kalau tujuan pemerintah ini tidak tercapai lantaran motor listrik tersebut hilang karena dicuri,” dia menambahkan.

Lewat produk teknologi yang memanfaatkan Internet of Things seperti GPS tracker, para pelaku UMKM bukan hanya bisa memitigasi risiko pencurian, tetapi juga menunjang produktivitas yang ditargetkan pemerintah.

Alamsyah Cheung selaku CEO FoxLogger mengatakan ada peran teknologi Internet of Things (IoT) dalam menyukseskan program subsidi kendaraan listrik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News