IPW: Ada Kelompok yang Memanfaatkan 3 Momentum Buat Menggoyang Jokowi

IPW: Ada Kelompok yang Memanfaatkan 3 Momentum Buat Menggoyang Jokowi
Ketua Presidium IPW Neta S Pane. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane menilai ketegasan Presiden Joko Widodo atau Jokowi sangat diperlukan untuk menyikapi aksi demonstrasi serentak di sejumlah kota di Indonesia.

Terutama menjelang pelantikan Jokowi sebagai presiden di periode kedua. "Sepertinya ada pihak pihak tertentu yang bermain-main, dengan cara memprovokasi mahasiswa, terutama mahasiswa yang baru masuk kampus untuk berhadapan dengan Jokowi. Untuk itu Jokowi jangan goyah dan jangan terpengaruh serta tetap tegas," kata Neta menjawab JPNN.com, Rabu (25/9).

Neta menjelaskan setelah gagal memprovokasi kelompok massa tertentu di depan Bawaslu untuk protes kemenangan Jokowi di Pilpres 2019 pada 22 dan 23 Mei lalu, rupanya ada kelompok-kelompok mencoba menggoyang presiden dengan isu baru, yakni UU KPK dan RUU KUHP serta isu-isu lainnya.

"Tuntutan adanya perpu KPK adalah tuntutan yang tidak masuk akal karena DPR sudah mengesahkan UU KPK, tetapi kelompok ini tetap mencari celah untuk menjatuhkan atau merusak citra Jokowi," ujarnya.

Dalam kasus demo akhir-akhir ini IPW melihat adanya dua kelompok yang tidak terakomodir dalam rekonsiliasi 01 (Jokowi) dan 02 (Prabowo), yakni kelompok radikal keagamaan dan kelompok pendukung eks kekuasaan era sebelumnya.

"Mereka menganggap kelompoknya belum aman dan belum mendapat tempat di rezim Jokowi ke depan, sementara mereka melihat ke depan Jokowi dalam berkuasa akan bersikap tanpa beban, sehingga sikap ini berbahaya bagi mereka," ujarnya.

"Kebetulan ada tiga momentum, yakni mahasiswa-mahasiswa baru mulai masuk kampus. Biasanya mahasiswa baru ini terkenal militan untuk menunjukkan eksistensinya, mereka inilah kemudian yang diprovokasi untuk menghadapi Jokowi," paparnya.

Lalu adanya isu UU KPK dan UU KUHP yang dijadikan kelompok itu untuk membakar situasi agar panas dengan berbagai aksi kelompok mahasiswa. Kemudian isu Papua di mana asing terlalu gampang ditarik dalam kasus ini. "Ketiga hal ini bermuara ke satu perlawanan terhadap Jokowi yang akan memasuki periode kedua lewat aksi aksi demo yang radikal dan anarkis," ujarnya.

Neta meminta Jokowi menyatakan sikap tegas menyikapi aksi demonstrasi serentak di sejumlah kota di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News