Iran Tangkap Pelaku Penyebab Jatuhnya Pesawat Penumpang Ukraina

Iran Tangkap Pelaku Penyebab Jatuhnya Pesawat Penumpang Ukraina
Keluarga yang berduka di Toronto, Kanada memperingati korban yang tewas di dalam pesawat Ukraina yang ditembak jatuh di Iran. (Reuters: Chris Helgren)

Iran mengaku telah melakukan penangkapan terhadap mereka yang dianggap bertanggung jawab atas insiden penembakan pesawat Ukraina, yang menewaskan seluruh penumpangnya.

  • Beberapa orang ditahan setelah penyelidikan luas berkenaan dengan penembakan pesawat Ukraina
  • Presiden Iran mengatakan penembakan pesawat merupakan kesalahan yang tidak bisa dimaafkan
  • Insiden itu menewaskan 167 penumpang dan sembilan awak dari berbagai negara

 

Seorang pengunggah dan penyebar video yang menayangkan misil menembak pesawat tersebut juga dilaporkan telah ditahan oleh Garda Revolusioner Iran.

Tapi tidak disebutkan berapa orang secara keseluruhan yang ditangkap dan nama-nama mereka.

Penangkapan dilakukan setelah Presiden Iran, Hassan Rouhani menyerukan pembentukan pengadilan khusus untuk mengadili mereka yang bertanggung jawab melakukan penembakan, hari Selasa (15/01).

Juru bicara Departemen Kehakiman Iran, Gholamhossein Esmaili, mengatakan "penyelidikan mendalam sudah dilakukan dan beberapa individu sudah ditahan", seperti yang dikutip media pemerintah Iran.

Kantor berita Fars mengatakan penyelidikan penahanan dilaporkan ke publik tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Iran yang pada awalnya membantah penyebab jatuhnya pesawat adalah tembakan peluru kendali, akhirnya mengakuinya tiga hari kemudian, dengan mengatakan Garda Revolusioner menembak pesawat itu tanpa sengaja.

Iran mengaku telah melakukan penangkapan terhadap mereka yang dianggap bertanggung jawab atas insiden penembakan pesawat Ukraina, yang menewaskan seluruh penumpangnya

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News