Iriana Jokowi Lepas Empat Elang Bondol di Taman Wisata Alam Batam

Iriana Jokowi Lepas Empat Elang Bondol di Taman Wisata Alam Batam
Iriana Jokowi menanam pohon mangrove di Pancur Pelabuhan, Batam. Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, BATAM - Ibu Negara Iriana Jokowi dan Mufidah Jusuf Kalla melakukan sejumlah kegiatan dalam kunjungan ke Kota Batam, Kepri, Rabu (7/8). Selain menanam pohon mangrove, keduanya juga melepasliarkan burung elang.

Bersama istri menteri kabinet kerja, keduanya melepas empat ekor Elang Bondol di Taman Wisata Alam (TWA) Muka Kuning Kota Batam.

BACA JUGA: Prada DP Dituntut Oditur Militer Empat Bulan Penjara

Iriana dan Mufidah melepas tali ikatan yang terhubung dengan kandang empat ekor burung elang tersebut. Saat tali itu ditarik, empat ekor burung elang yang diletakkan dalam sarang itu pun langsung terbang bebas ke langit.

Kegiatan ini juga bersamaan dengan peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Sebagai informasi, elang-elang yang dilepasliarkan telah menjalani proses rehabilitasi di Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK) Garut, Jawa Barat. Proses rehabilitasi elang-elang dilakukan selama 490 hingga 885 hari.

Dalam jangka waktu itu, elang akan diperiksa kesehatannya, sehingga bebas dari penyakit dan sehat.

Tahap akhir meliputi pemulihan perilaku alaminya, seperti peningkatan kemampuan terbang dan berburu, sehingga sifat alami elang tersebut berkembang dan layak untuk dilepasliarkan.

Ibu Negara Iriana Jokowi dan Mufidah Jusuf Kalla melakukan sejumlah kegiatan dalam kunjungan ke Kota Batam, Kepri, Rabu (7/8). Selain menanam pohon mangrove, keduanya juga melepasliarkan burung elang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News