Irjen Agung Setya Mengerahkan 2 Kapal Polairud ke Bagansiapiapi 

Irjen Agung Setya Mengerahkan 2 Kapal Polairud ke Bagansiapiapi 
Polda Riau mengirimkan bantuan dua kapal BKO Polairud dari Dumai dan Pekanbaru ke Bagansiapiapi untuk mengatasi kapal penangkap ikan yang menggunakan alat-alat ilegal seperti pukat harimau. (Antara/HO-Humas Polda Riau).

jpnn.com, PEKANBARU - Penangkapan ikan menggunakan alat-alat ilegal seperti pukat harimau di perairan Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Provinsi Riau, marak terjadi. 

Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi langsung bereaksi.

Irjen Agung langsung mengerahkan dua unit kapal bantuan Polairud dari Dumai dan Pekanbaru guna mengatasi maraknya penangkapan ikan menggunakan pukat harimau di perairan Bagansiapiapi tersebut. 

"Polda Riau mengerahkan dua unit kapal Polairud untuk menyokong Satpolairud Rohil dalam pengamanan di perairan Bagansiapiapi. Sebab masyarakat ini terkendala dengan masih banyaknya kapal-kapal yang dari luar dan kemudian melakukan penangkapan dengan menggunakan jaring yang tidak sesuai aturan," kata Irjen Agung kepada media di Pekanbaru, Rabu.

Hal itu juga untuk menindaklanjuti keluhan nelayan di wilayah tersebut yang menyatakan banyaknya kapal ikan dari luar Bagansiapiapi bahkan dari Malaysia menangkap ikan menggunakan alat-alat tangkap yang dilarang dan merusak ekosistem di perairan Bagansiapiapi.  

Mantan direktur Tipideksus Bareskrim Polri itu berharap pengerahan dua unit kapal BKO (bawah kendali operasi) itu, maka pengawasan di wilayah perairan Bagansiapiapi dapat dilaksanakan lebih maksimal lagi. 

Selain itu, kata dia,  menjaga para nelayan agar  dapat mencari ikan dengan rasa aman dan nyaman.

"Untuk itu menjadi perhatian kami  menyelesaikan bersama KKP dan stakeholder (pemangku kepentingan) yang lain. Hari ini kami menggeser dua kapal dari Dumai dan Pekanbaru untuk kami BKO-kan ke Bagansiapiapi, supaya persoalan ini selesai," kata jenderal bintang dua itu 

Irjen Agung Setya mengerahkan 2 kapal Polairud ke Bagansiapiapi untuk pengamanan di perairan Bagansiapiapi dan menjaga nelayan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News