Irjen Fadil Beber 2 Jurus Ampuh Mencegah Takbiran Keliling Malam Ini

Irjen Fadil Beber 2 Jurus Ampuh Mencegah Takbiran Keliling Malam Ini
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memberikan keterangan kepada awak media di Polda Metro Jaya, Rabu (12/5). Foto: Fransiskus Adryanto Pratama/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ribuan personel dikerahkan untuk mengantisipasi adanya kegiatan takbiran keliling di DKI Jakarta pada Rabu malam (12/5).

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan ribuan personel itu merupakan gabungan TNI-Polri dan unsur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Pengamanan perayaan malam takbiran itu ada 1,024 personel," kata Fadil usai memimpin Apel Kesiapan Pengamanan Malam Takbiran Idulfitri 1442 Hijriah di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Rabu sore.

Mantan Kapolda Jawa Timur itu menjelaskan telah menyiapkan dua strategi untuk mengantisipasi kerumunan saat malam takbiran. Pertama, filterisasi dimulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Namun, apabila filterisasi itu tidak mempan mengurai keramaian di ibu kota, polisi bakal memberlakukan crowd free night atau malam bebas kerumunan mulai pukul 22.00 WIB.

Fadil optimistis dua strategi tersebut jitu mengantisipasi kerumunan di wilayah DKI Jakarta.

"Model filterisasi dan crowd free night sudah pernah kami kerjakan di malam tahun baru dan pengamanan sahur on the road," ujar dia.

Pengamanan tersebut menyasar sejumlah ruas jalan utama dan pusat perekonomian di ibu kota.

Polisi menerapakan dua strategi untuk mencegah kerumunan takbiran keliling di Jakarta malam ini, Rabu (12/5).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News