Irjen Ferdy Sambo Tersangka, M Qodari: Kepercayaan Publik Terhadap Polri Makin Tinggi

Irjen Ferdy Sambo Tersangka, M Qodari: Kepercayaan Publik Terhadap Polri Makin Tinggi
Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menetapkan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Ferdi Sambo (FS) sebagai tersangka terhadap kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J pada Selasa (9/8) malam.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari bersyukur sikap yang diambil Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sesuai dengan yang dia prediksi, yakni menggungkap kasus ini secara transparan, jelas, tegas, dan memenuhi rasa keadilan masyarakat. Langkah tersebut dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri.

“Bersyukur bahwa konferensi pers Kapolri keamrin sesuai dengan prediksi, yakni Kapolri mengungkap secara jelas dan tegas permasalahan kematian Brigadir J di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo,” ujar Qodari pada Rabu (10/8/2022).

Qodari menilai pengungkapan kasus pembunuhan Brigadir J ini malah justru dapat membuat kepercayaan publik terhadap Polri makin tinggi.

Dia mengapresiasi langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo karena telah memenuhi rasa keadilan dengan menerapkan asas Presisi yang merupakan akronim dari prediktif, responsibilitas, transparansi, serta berkeadilan.

Hal itu, kata Qodari, jadi pembuktian dari gagasan yang diusung Kapolri saat uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI.

“Dalam menyampaikan temuannya dalam menangani kasus ini, Kapolri telah menerapkan asas Presisi dengan hati-hati, transparan dan berkeadilan,” ungkapnya.

Qodari menyadari pengungkapan kasus ini tidak mudah. Pasalnya, melibatkan perwira tinggi yang memiliki posisi strategis dan memiliki pengaruh cukup besar untuk mengganggu proses penyelidikan dan penyidikan.

Qodari menilai pengungkapan kasus pembunuhan Brigadir J dengan menetapkan Ferdy Sambo sebagai tersangka membuat kepercayaan publik terhadap Polri makin tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News