Irjen Firman: Imbauan Berkendara Tak Pakai Sandal Jepit Untuk Cegah Fatalitas Kecelakaan

Irjen Firman: Imbauan Berkendara Tak Pakai Sandal Jepit Untuk Cegah Fatalitas Kecelakaan
Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi. Dok Humas Polri.

jpnn.com, JAKARTA - Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi memberikan penjelasan terkait imbauan tak menggunakan sandal jepit saat mengendarai sepeda motor.

Firman menegaskan imbauan itu penting untuk mencegah fatalitas kecelakaan.

Dia mengatakan kecelakaan lalu lintas justru kerap terjadi saat pengendara melakukan perjalanan jarak dekat yang rutin setiap hari.

“Kecelakaan di jalan justru dari rumah ke pasar beli tempe yang dia rutin setiap hari,” kata Firman dalam siaran persnya, Rabu (15/6).

Firman pun mengimbau setiap pengendara sepeda motor hendaknya melakukan persiapan yang matang sebelum berkendara, seperti menggunakan sepatu, helm, dan jaket.

“Ikhtiar dimaksimalkan, kalau masih terjadi juga (kecelakaan) Tuhan sudah punya rencana,” kata dia.

Perwira tinggi Polri ini mengatakan penggunaan sandal jepit tidak ada proteksi jika bersentuhan langsung dengan aspal. Lain hal, jika penggunaan sepatu, maka tingkat fatalitas kecelakaan berkurang. 

“Kalau dia pakai motor (dengan sandal jepit) kulit itu bersentuhan langsung dengan aspal, ada api, ada bensin ada kecepatan. Makin cepat, makin tidak terlindungi, itulah fatalitas,” tegas Firman. 

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi menyebut imbauan tak menggunakan sandal jepit saat berkendara untuk mengurangi fatalitas kecelakaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News