Irjen Rikwanto: Mau Liburan ke Luar Kota Pikir-pikir Dulu

Irjen Rikwanto: Mau Liburan ke Luar Kota Pikir-pikir Dulu
Irjen Rikwanto: Mau Liburan ke Luar Kota Pikir-pikir Dulu

jpnn.com, BANJARMASIN - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto mengimbau masyarakat untuk tidak bepergian ke luar kota saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

Imbauan Rikwanto untuk masyarakat ini sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama dalam upaya memutus rantai penyebaran virus Corona.

"Mari kita dukung upaya bangsa ini yang sedang berperang melawan pandemi. Jangan sampai libur akhir tahun jadi kontra produktif, di mana justru kasus COVID-19 semakin bertambah," kata Irjen Rikwanto di Banjarmasin, Minggu (20/12).

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah ini menegaskan bahwa pemerintah sangat serius mencegah peningkatan kasus COVID-19 di saat libur akhir tahun. Salah satunya dengan menerapkan kebijakan Rapid Test Antigen sebagai syarat mobilitas orang antardaerah.

"Jadi kalau mau pergi liburan ke luar kota pikir-pikir dulu. Pastikan diri sehat bebas dari COVID-19 melalui rapid test antigen ataupun tes usap PCR," jelasnya.

Kapolda pun memastikan momen menyambut malam pergantian tahun nanti tak ada kegiatan yang menimbulkan kerumunan atau keramaian mendapatkan izin. Polisi menutup semua pengajuan izin keramaian dalam bentuk apapun.

Perwira tinggi yang pernah menjabat Karopenmas Divhumas Polri dan Kapolda Maluku Utara ini menyatakan, jika ada yang terbukti melanggar, maka polisi bersama Satgas COVID-19 akan menindak tegas. Terutama untuk kegiatan yang menimbulkan kerumunan banyak orang dalam satu lokasi baik terbuka maupun tertutup.

"Sebaiknya merayakan malam pergantian tahun di tempat masing-masing atau di rumah saja berdoa untuk kebaikan di tahun berikutnya," tutur jenderal bintang dua itu.

Irjen Rikwanto juga menegaskan jika ada yang terbukti melanggar maka akan ditindak secara tegas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News