Irman Gusman Disebut Punya Kemampuan Lobi Internasional

Irman Gusman Disebut Punya Kemampuan Lobi Internasional
Irman Gusman Disebut Punya Kemampuan Lobi Internasional

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Pusat Analisis Kajian Informasi Strategis (Pakis), Rahmat Hidayat mengatakan ada empat keunggulan Irman Gusman sehingga punya peluang untuk kembali menjadi Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) periode 2014-2019.

Pertama menurut Rahmat Hidayat, Irman Gusman berpengalaman selama 10 tahun berturut jadi pimpinan DPD.

"Lima tahun pertama sebagai wakil ketua dan lima tahun kedua dipercaya jadi Ketua DPD," kata Rahmat Hidayat, di Jakarta, Kamis (25/9).

Kedua lanjutnya, anggota DPD terpilih asal Sumatera Barat itu terbilang salah satu tokoh nasional yang memiliki kemampuan lobi memadai dan jaringan internasionalnya cukup baik, khususnya dengan Amerika Serikat dan negara-negara Eropah lainnya.

"Ketiga, Irman Gusman relatif soft dan egaliter dalam memimpin DPD hingga berhasil menggali kemampuan anggota DPD untuk perbaikan daerah," ujarnya.

Selain itu, di internal Sekretariat Jenderal DPD, Irman Gusman menurut Rahmat, diterima positif hingga mampu membangun komunikasi harisontal dengan lembaga negara lainnya, seperti DPR, BPK dan Presiden.

"Saya kira, Irman akan terpilih secara aklamasi dalam pemilihan pimpinan DPD RI mendatang," pungkasnya.(fas/jpnn)

 


JAKARTA - Direktur Eksekutif Pusat Analisis Kajian Informasi Strategis (Pakis), Rahmat Hidayat mengatakan ada empat keunggulan Irman Gusman sehingga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News