Irman Ngotot Pengin Penyidik KPK Jadi Saksi

Irman Ngotot Pengin Penyidik KPK Jadi Saksi
Irman Gusman saat digiring ke mobil tahanan setelah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada September 2016. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JPNN.com -- Kubu mantan Ketua DPD Irman Gusman menginginkan jaksa KPK menghadirkan penyidik Christian yang melakukan operasi tangkap tangan di kediaman senator asal Sumatera Barat pada September 2016 lalu.

JPNN.com - Namun, jaksa KPK merasa tidak perlu menghadirkan Christian menjadi saksi di persidangan suap rekomendasi penambahan kuota impor gula untuk Sumbar oleh CV Semesta Berjaya.

Pengacara Irman, Sutan Bagindo Fahmi mengatakan, keterangan Christian perlu untuk menjelaskan kronologi terjadinya OTT.

Khususnya ketika Irman diminta menyerahkan bungkusan berisi Rp 100 juta.

"Kami mohon jaksa menghadirkan penyidik KPK bernama Christian," kata Fahmi dalam persidangan Irman di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (4/1).

Selain itu, Fahmi mengatakan, menghadirkan Christian ke persidangan merupakan langkah yang tepat. Pasalnya, dalam setiap berita acara pemeriksaan yang dijadikan dasar penyusunan dakwaan ada tanda tangan Christian.

Jaksa KPK Ahmad Burhanuddin menolak permintaan pengacara. Menurut Ahmad, keterangan Christian tidak diperlukan.

Ketua Majelis Hakim Nawawi Pamulango sependapat dengan jaksa KPK. Majelis pun menolak permintaan tim pengacara Irman Gusman.


JPNN.com -- Kubu mantan Ketua DPD Irman Gusman menginginkan jaksa KPK menghadirkan penyidik Christian yang melakukan operasi tangkap tangan di kediaman


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News