Isdianto-Suryani Gugat Hasil Pilgub Kepri di MK

Isdianto-Suryani Gugat Hasil Pilgub Kepri di MK
Ilustrasi Pilkada 2020. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah

jpnn.com, JAKARTA - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto-Suryani mengajukan gugatan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Dalam permohonannya sebagaimana dikutip dari laman MK di Jakarta, Jumat (25/12), pasangan calon nomor urut 02 Isdianto-Suryani mendalilkan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilgub Kepri cacat hukum dan semestinya dibatalkan.

Menurut pemohon, dalam Pilgub Kepri 2020 telah terjadi pelanggaran secara terstruktur, sistematis, dan masif yang memengaruhi penurunan suara pemohon.

Pasangan calon nomor urut 03 Ansar Ahmad-Marlin Agustina, peraih suara terbanyak, didalilkan menebar janji akan membagikan kendaraan roda dua kepada RT dan RW di tujuh kabupaten/kota di Kepri.

Selain itu, pasangan nomor urut 03 disebut diuntungkan dengan mengecoh bantuan menghadapi pandemi COVID-19 dari Pemprov Kepri seolah dari Wali Kota Batam yang merupakan suami dari calon wakil gubernur nomor urut 03.

Selain itu, pasangan calon nomor urut 03, KPU Provinsi Kepri disebut tidak netral dalam menjalankan tugasnya, di antaranya dengan melakukan penghalangan penggunaan hak pilih dengan cara tidak menyampaikan undangan untuk memilih dan membuat daftar pemilih tetap (DPT) secara tidak benar.

Aparatur sipil negara (ASN) di Kota Batam pun didalilkan melakukan penyalahgunaan wewenang dengan ikut mengampanyekan dan mengarahkan agar masyarakat memilih pasangan calon nomor urut 03.

Untuk itu, menurut pemohon, perolehan suara seharusnya adalah pasangan calon nomor urut 01 Soerya Respationo-Iman Sutiawan memperoleh 183.317 suara, pasangan calon nomor urut 02 Isdianto-Suryani 280.160 suara, dan pasangan calon nomor urut 03 Ansar Ahmad-Marlin Agustina 234.196 suara.(antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Isdianto-Suryani menyebut terjadi pelanggaran secara terstruktur, sistematis, dan masif di Pilgub Kepri 2020.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News