Isi Kemeriahan HUT RI ke 73, KLHK Tanam 800 Batang Mangrove

Isi Kemeriahan HUT RI ke 73, KLHK Tanam 800 Batang Mangrove
Direktur Jenderal PDASHL, Ida Bagus Putera Parthama saat kegiatan penanaman mangrove untuk peringati HUT RI ke 73. Foto: Ditjen PDASHL

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL) KLHK melaksanakan kegiatan penanaman mangrove dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 73.

Penanaman ini sekaligus memperingati Hari Mangrove Internasional yang jatuh pada 26 Juli setiap tahunnya.

Penanaman ini dipimpin langsung Direktur Jenderal PDASHL, Ida Bagus Putera Parthama. Menurutnya, Indonesia adalah salah satu pemilik hutan mangrove terbesar di dunia, sehingga merupakan suatu keharusan untuk terus menjaganya agar tidak rusak.

"Saya mengajak semua teman-teman agar terus menumbuhkan kesadaran untuk turut melestarikan mangrove," kata Putera di Blok Elang Laut, Kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta tempat penanaman mangrove tersebut.

Sebanyak 800 batang mangrove ditanam pada kegiatan ini.  Kurang lebih sebanyak 200 peserta hadir untuk berpartisipasi menanam mangrove.

Di antaranya pejabat dan karyawan KLHK, peserta Pramuka Saka Wanabakti, Karang Taruna Wana Wistara dan anak-anak binaan Yayasan Sahabat Anak.

Kegiatan ini melibatkan anak-anak dari berbagai kalangan dengan tujuan untuk menumbuh kembangkan kesadaran generasi muda di Indonesia terhadap kelestarian mangrove dan mempertahankan pengelolaan ekosistem berkelanjutan.

Dia mengatakan, mangrove mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan. Mangrove bisa menjadi penahan abrasi dan tsunami.

Mangrove sangat penting untuk menjadi tempat berkembang biak dan habitat fauna ekosistem payau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News