Israel Punya Terobosan Penting soal Obat Mujarab untuk Pasien Covid-19

Israel Punya Terobosan Penting soal Obat Mujarab untuk Pasien Covid-19
Seorang perempuan warga Israel menerima suntikan vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech. Foto: Associated Press

jpnn.com, TEL AVIV - Para peneliti di Israel membuat terobosan penting dalam pengobatan bagi penderita penyakit virus corona 2019 (Covid-19).

Periset di Negeri Yahudi itu menggunakan obat bagi penderita kanker untuk mengobati pasien Covid-19.

Riset tahap pertama di Ichilov Medical Center, Tel Aviv memperlihatkan 30 pasien Covid-19 dalam kondisi sedang hingga parah sembuh setelah diobati dengan EXO-CD24. Menariknya, 29 dari 30 pasien itu sembuh total hanya dalam kurun waktu 3-5 hari.

Kini, penemuan itu membutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan obat hirup -sebelumnya dirancang untuk melawan kanker ovarium- mampu bekerja untuk mengobati pasien Covid-19.

Obat tersebut bekerja dengan cara melawan badai sitokin yang muncul akibat reaksi berlebihan kekebalan tubuh terhadap virus corona. Badai sitokin pada paru-paru pasien Covid-19 itu pula yang menyebabkan kematian.

Profesor Nadir Arber dari Ichilov Medical Center telah mengembangkan EXO-CD24 selama bertahun-tahun untuk obat kanker ovarium. Namun, penelitian memperlihatkan EXO-CD24 mampu mengurangi reaksi berlebihan sistem kekebalan terhadap virus.

Menurut Prof Nadir, harga EXO-CD24 relatif murah. Obat itu diminum setiap lima hari sekali.

"Virus corona akan terus bersama kita. Itulah mengapa kami mengembangkan obat khusus ini, EXO-CD24," ujarnya.

Para peneliti di Israel membuat terobosan penting dalam pengobatan bagi penderita penyakit virus corona 2019 (Covid-19).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News