Istri Gugat Cerai, Tengah Jadi Trend

Istri Gugat Cerai, Tengah Jadi Trend
Istri Gugat Cerai, Tengah Jadi Trend
BREBES-Tercatat sejak tahun 2010 hingga kini memasuki tahun 2012, kasus perceraian di Jawa Tengah didominasi gugatan cerai oleh istri terhadap suami. Tak terkecuali di Brebes sendiri, yang malah menjadi peringkat ke 2 dalam trend cerai gugat ini.

"Ya, memang sungguh memprihatinkan, kasus perceraian yang berasal dari gugatan oleh istri. Terlebih, dalam angkanya mencapai dua kali lipat dibanding gugatan talak cerai yang dilakukan oleh suami," kata Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Semarang, Drs. H. Chatib Rasyid, SH., MH. 

Menurutnya, berdasarkan data di Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah, angka perceraian di provinsi ini selama tahun 2010 mencapai 61.874 kasus. Demikian dengan angka perceraian di tahun 2011 terus meningkat. Dan dari jumlah itu 80 persen dilakukan oleh sang istri.

'Sedangkan dalam penekanan penurunan angka perceraian, sebenarnya kami juga sudah berulangkali memberikan warning kepada sejumlah Pengadilan Agama di kabupaten/kota di Jawa Tengah untuk bisa melakukan mediasi dengan baik untuk bisa menyatukan kembali hubungan keretakan rumah tangga masyarakat. Namun memang, keterbatasan personil dan banyaknya pengajuan perceraian membuat majelis hakim kewalahan dan sampai saat ini menjadi kendala tersendiri,' bebernya.

BREBES-Tercatat sejak tahun 2010 hingga kini memasuki tahun 2012, kasus perceraian di Jawa Tengah didominasi gugatan cerai oleh istri terhadap suami.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News