Isu Apa yang Bisa Gerus Elektabilitas Jokowi – Ma’ruf?

Isu Apa yang Bisa Gerus Elektabilitas Jokowi – Ma’ruf?
Presiden Jokowi. Foto: Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Keputusan Jokowi menggandeng Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin sebagai cawapres diprediksi akan meredakan kemungkinan pemakaian isu SARA terutama agama di Pilpres 2019.

Direktur Eksekutif Saiful Munjani Research and Consulting (SMRC) Jayadi Hanan menuturkan kemungkinan isu yang akan diramaikan untuk menyerang petahana adalah masalah ekonomi. Sedangkan isu SARA terutama agama jadi tidak relevan lagi berkat kehadiran KH Ma’ruf.

”Agak sulit sekarang menyerang Jokowi dari sudut bahwa dia tidak memperhatikan Islam. Tidak mudah juga menyerang secara pribadi KH Ma’ruf,” kata dia kepada Jawa Pos.

Sedangkan isu ekonomi berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Seperti harga sembako, biaya transport, soal lapangan pekerjaan, dan pengangguran.

Selain itu juga isu korupsi juga bakal jadi bahan untuk mempengaruhi publik.

BACA JUGA: Jika Tak Sehat, Kiai Ma'ruf Amin Batal Cawapres

”Saya kira serangan sudut ekonomi tidak akan efektif kalau penantang (Prabowo-Sandi) hanya menyampaikan masalahnya apa. Tanpa memberikan alternatif kebijakan apa,” tambah dia. (jun)

 


Isu SARA terutama agama diprediksi tidak relevan lagi untuk menyerang Jokowi setelah petahana itu menggandeng Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News