Isu Demo di Manokwari Hari Ini, Begini Pernyataan Keras Gubernur Papua Barat

Isu Demo di Manokwari Hari Ini, Begini Pernyataan Keras Gubernur Papua Barat
Kepala Suku Besar Arfak alias Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan memimpin pertemuan dengan masyarakat adat suku tersebut di Manokwari. Foto : Antara/Toyiban

jpnn.com, MANOKWARI - Kepala Suku Besar Arfak Dominggus Mandacan langsung turun tangan menyikapi isu yang beredar terkait demonstrasi susulan di Manokwari pada 2 September.

Mandacan menekankan massa agar tidak bertindak anarkis. Pada jumpa pers di Manokwari, Minggu malam, Gubernur Papua Barat ini mengaku sudah mengetahui aktor-aktor yang terlibat dalam rapat rencana aksi tersebut.

"Demo damai boleh, tapi kalau sampai ada anarkis yang melakukan perusakan dan pembakaran fasilitas pemerintah maupun milik masyarakat, pelaku siap bertanggung jawab. Proses hukum akan berjalan," tegasnya.

Baca Juga:

BACA JUGA: Warga Suku Arfak Diperingatkan tak Ikut Aksi di Manokwari

Mandacan menjelaskan, Suku Besar Arfak adalah tuan rumah di daerah tersebut. Para pendahulu suku tersebut sudah menerima setiap suku datang untuk mendiami wilayah adat suku Arfak.

Masyarakat Suku Arfak saat ini pun, kata dia, berkomitmen untuk meneruskan peninggalan orang tua dengan menghargai dan saling menjaga hubungan antar-suku dan pemeluk agama di daerah tersebut.

"Sebaliknya, kami minta hargai kami sebagai tuan rumah. Boleh menyampaikan aspirasi karena itu hak konstitusional, tapi jangan merusak, jangan bakar," ucapnya.

BACA JUGA : 300 Pelaku Unjuk Rasa Rusuh di Jayapura Merasa Ditipu Koordinator Aksi

Gubernur Papua Barat mengaku sudah mengetahui sejumlah aktor yang terlibat dalam rapat rencana aksi demo di Manokwari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News